Seminar dan Sosialisasi Program Pengungkapan Pajak Sukarela 

KEUSKUPANBOGOR.ORG- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Wilayah Bogor mengadakan seminar dan sosialisasi Program Pengungkapan Sukarela (PPS) bagi umat di Keuskupan Bogor pada hari Minggu (19/6/2022) siang yang bertempat di Aula Paroki BMV Katedral-Bogor. Kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk kerjasama antara KPP Pratama Wilayah Bogor dengan Gereja Katolik Keuskupan Bogor. 

Kegiatan diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan sambutan dari Mgr Paskalis Bruno Syukur selaku Uskup Keuskupan Bogor yang menyampaikan bahwa sebagai umat Katolik, kita menjadi bagian yang integral dalam bangsa dan negara termasuk yang terkait dengan pajak. Tentu saja perlu ada pemahaman dan pelayanan yang baik dari dinas yang bersangkutan. 

Pemerintahan adalah pelayan rakyat yang membimbing ke arah yang benar, dalam konteks ini mengenai pajak. Semua ini adalah sebuah gerakan gotong royong dalam membangun negara ini ke arah yang lebih baik.

Mgr Paskalis pun berharap umat yang hadir pada sosialisasi ini dapat menjelaskan penjelasan yang benar dan tepat dalam menjalankan kewajiban pajak sekaligus mendapatkan hak yang sesuai. 

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kanwil DJP Jabar III yaitu Ibu Lucia Widiharsanti yang menyampaikan bahwa pembangunan negeri berasal dari pajak yang dibayarkan oleh Warga Negara Indonesia. Pajak sangat penting dalam membangun negara, oleh karena itu warga negara perlu berkontribusi dalam menjalankan roda pemerintahan dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Program Pengungkapan Sukarela (PPS) ini ditujukan bagi para wajib pajak yang menyadari ada harta lain yang belum dilaporkan ke SPT. KPP Pajak Pratama Bogor dalam tugasnya bekerjasama dengan lembaga-lembaga keagamaan di Kota Bogor, salah satunya di Gereja Katolik. 

Ibu Lucia pun mengajak umat yang hadir untuk secara sadar dapat berpartisipasi dalam PPS ini, karena dengan membayar pajak kita telah bersama bergotong royong membangun negeri. 

Edukasi Perpajakan Mengenai Program Pengungkapan Sukarela 

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh sekitar 75 peserta yang merupakan umat yang berasal dari paroki-paroki yang berada di Keuskupan Bogor ini, dimulai dengan penyampaian materi oleh Bapak Albert Rinus Halomoan Saragi Siallagan selaku Kepala KPP Pratama Bogor. Dalam pemaparannya, Ia menjelaskan mengenai edukasi perpajakan mengenai PPS yang memiliki tema “Gotong Royong Membangun Negeri”, Maksud dari tema tersebut adalah kita bersama membangun negeri ini. 

PPS ini bertujuan meningkatkan kepatuhan sukarela Wajib Pajak dan diselenggarakan berdasarkan asas kesederhanaan, kepastian, hukum, serta kemanfaatan. Dalam konteks ini, ditujukan bagi mereka yang pada rentan waktu tahun 2016-2022 belum melaporkan penambahan kepemilikan harta dalam SPT. 

Usai penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab seputar PPS. Tampak umat antusias dalam kegiatan ini yang terlihat dari para umat yang bertanya terkait dengan PPS ini. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dan ditutup dengan foto bersama. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!