Kemping Rohani: Keluarga Berekaristi dan Bersahabat Dengan Alam 

keuskupanbogor.org: Paroki Santo Joannes Baptista-Parung menggelar kegiatan yang berkonsep kemping rohani bersama keluarga di Eagle Hill, Megamendung. Peserta berjumlah 80 orang yang merupakan keluarga-keluarga yang berasal dari lingkungan Santa Maria De Fatima Paroki Santo Joannes Baptista-Parung. Kegiatan yang mengusung tema “Keluarga Berekaristi dan Bersahabat Dengan Alam“ ini diadakan selama dua hari yaitu pada hari Sabtu-Minggu, 6-7 Agustus 2022. 

Kegiatan di hari pertama diawali dengan perkenalan masing-masing peserta yang hadir dan dilanjutkan dengan permainan-permainan yang dipandu oleh pembawa acara untuk membangun keakraban dan saling mengenal satu sama lain dengan beraktivitas di alam.

RD Yustinus Joned Saputra selaku Pastor Paroki Santo Joannes Baptista, Parung yang turut hadir mengatakan kegiatan yang mengusung konsep berkemping di alam bersama keluarga ini merupakan sebuah momen pertemuan antar keluarga untuk saling mengenal dan memiliki waktu berkualitas bersama dengan latar alam sebagai tempat bercengkrama. 

Terkait dengan tema yang dipilih, melalui kegiatan ini diharapkan umat dapat menemukan cara baru untuk menghayati Ekaristi yang tidak terbatas dalam lingkup gedung atau bangunan saja tetapi dapat juga dirayakan di dalam kebersatuan dengan alam. Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa dalam kegiatan ini keluarga-keluarga diajak untuk menikmati waktu bersama dan bersahabat dengan beraktivitas di alam. 

Tidak jauh berbeda dengan yang disampaikan oleh Yustinus Widdy Yuanto selaku Ketua Lingkungan Santa Maria De Fatima. Ia mengatakan bahwa kegiatan yang berkonsep kemping di alam terbuka bersama keluarga ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan bersama dan membangun kekerabatan diantara umat lingkungan Santa Maria De Fatima. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi umat lingkungan lain atau bahkan paroki lain untuk dapat melakukan kegiatan yang sama.

“Setelah pandemi berlalu, kami mencoba memulai untuk dapat melakukan pertemuan secara tatap muka. Seperti yang sudah-sudah kami setiap tahunnya melakukan rekreasi bersama. Di tahun ini, kami mencoba untuk melakukan kegiatan yang membuat kami lebih dekat dengan alam“ jelasnya.

Misa Alam 

Meski sempat diguyur hujan, Misa tetap dirayakan di alam terbuka dan dipimpin oleh RD Yustinus Joned Saputra pada petang hari (6/8/2022). Sebelum Misa, peserta diajak untuk jalan salib dan saling membasuh kaki diantara sesama anggota keluarga. Suasana hening dan haru tergambar jelas dalam momen tersebut. 

Dalam homili yang disampaikan, Romo Joned menyampaikan bahwa tahun ini dicanangkan sebagai tahun keluarga untuk menguatkan keluarga-keluarga sebagai Gereja kecilnya. 

“Hari ini kita mengenangkan kekokohan keluarga dengan cara melayani. Merendahkan diri terlebih dahulu untuk dapat saling melayani dan Ekaristi menjadi sumber kekuatan” Tutur Pastor yang ditahbiskan pada 18 Juni 2010 tersebut. 

Pengalaman Sukacita Bersahabat Dengan Alam 

Keesokan harinya (7/8/2022) para peserta diajak untuk melakukan hiking menyusuri sungai, hutan dan perbukitan. Kegiatan ini salah satu cara untuk berjalan bersama dalam bersahabat dengan alam.

Salah satu peserta yang selama dua hari ini berdinamika dalam kegiatan yaitu Roswalia Wempi. Meski usianya tidak lagi muda, Ia tampak bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan termasuk melakukan hiking. Meski sempat terpeleset di bebatuan licin saat melintasi sungai, medan yang terjal tidak menyurutkan sukacitanya mengikuti kegiatan yang ada. 

Oma Wempi, sapaannya, sangat menyambut baik dan sukacita kegiatan kemping ini. Tidak hanya sebagai sarana refresing, tetapi juga sebagai sebuah ajang saling mengenal setelah sebelumnya pada masa pandemi pertemuan hanya dilakukan secara daring. Baginya, ini adalah pengalaman yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Ia berharap agar umat dari lingkungan, wilayah ataupun paroki lain dapat terinspirasi untuk melaksanakan kegiatan serupa.

8 thoughts on “Kemping Rohani: Keluarga Berekaristi dan Bersahabat Dengan Alam 

  1. Agnes Maria says:

    Terima kasih Romo Juned, Terima kasih mbak Maria, atas kebersamaannya selama 2 hari kemarin, menyenangkan dan tidak akan terlupakan. Selalu menjadi inspirasi,

  2. Widdy says:

    Puji Tuhan atas 2 hari yang istimewa.. kebersamaan dengan keluarga, dengan alam, dengan lingkungan, bersama Romo Juned yang senantiasa mendampingi. Terima kasih Mba Maria diberikan kenangan warta ini. Sehat selalu semua..Berkah Dalem

  3. Endah Batlayeri says:

    Terimakasih Romo Juned….Mba Maria….dalam kebersamaannya 2 hari camping di Eagle Heels….sungguh menyenangkan bersama2 saling bergandeng tangan dalam suasana yang penuh keceriaan….sungguh pengalaman yg luar biasa dan akan selalu menjadi sumber inspiration….jaya jaya jaya

  4. Hirim Anastasi says:

    “Camping Rohani “yang keren yang luar biasa…”paket komplit” pokoknya…
    Rohaninya…dapat,refreshingnya dapat,ikatan kasih dalam keluarga makin dalam, kekompakan semua peserta makin erat, dari anak anak,dewasa sampai orangtua .
    dan yang tidak kalah penting, kami “makin mengenal ” Romo kami yang dengan setia mendampingi kami “senasib sepenanggungan “menyertai kami dari awal sampai akhir acara.
    Terimakasih Romo kami tercinta..Romo Juned Saputra.
    Kami merindukan acara seperti ini akan tetap diadakan diwaktu yg akan datang…
    Terimakasih buat kita semua..
    Tuhan memberkati..

  5. juned says:

    Rasa syukur yg mendalam dapat ikut acara ini sekeluarga..
    hanya ada yg sy rasa kurang.. tp tertutup oleh rasa syukur nya..
    Terima kasih utk panitia dan ketua lingkungan marfati yg sudah memfasilitasi.
    Dan terima kasih juga utk Romo Joned yg selalu mau berbaur dgn umat nya..

  6. Nugroho says:

    langka ini.. unik dan susah dilupakan. Beruntung saya ikut. Semoga event berikutnya tidak banyak keluarga yg menyesal krn tidak ikut.. Terimakasih Romo Juned sudah mendampingi dan mengisi acara demi acara. 3 tahun sudah kami tidak melakukan hal ini. Berkat Romo kerinduan kami terwujud kembali..

  7. Christa says:

    Disaat mengalami KECIL,SENDIRI, HINA
    Disaat tdk sesuai harapan dan rencana …
    Disaat tak ada satupun …
    Disaat SEMESTA menghibur bersama nyanyian ALAM
    Memaknai merefleksikan kehidupanku,
    selama ini.SENDIRI….

    Disaat berserah padaMU TUHAN
    KasihMU hadir melalui malaikat kecilku Fefe
    Tetap bersyukur menikmati dari keterbatasan yg ada .

    SEDERHANA … apa adanya…

    Melewati…Bertambahnya USIA bersama ALAM saat menyapaKU
    ( moment jarang dijumpai)

    Sangat bersyukur ada kesempatan
    Terima kasih Romo Joned,panitia,teman seiman,
    Terima kasih keluargaku
    Terima kasih Alam SEMESTA

  8. Sapto Budi Prasetyo says:

    Terima kasih atas berkat dan kasih dari Allah Bapa , Putra & Roh Kudus karena kasih karunia Nya melingkupi kita terus, juga utk panitia yang sdh terlibat dan Romo Paroki kami yang selalu memberikan support dan pelayanan kasih kepada lingkungan Mafati sehingga acara dapat berlangsung dengan luar biasa dan menarik.
    Semoga melalui kegiatan kemping rohani dapat menciptakan gereja gereja kecil yang baik dan diberkati untuk hormat Kemuliaan Tuhan Yesus Kristus dan selanjutnya dengan Kemurahan Nya kita boleh diberikan “Gereja” yang selalu kita rindukan diparoki kita seturut kehendak Nya
    Maju terus …….tetap semangat dan selalu bersyukur karena Allah telah mengasihi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!