Berjaga dan Waspada

Renungan Harian
Selasa, 19 Februari 2019
Selasa Biasa, Pekan Biasa VI

Bacaan : Kej 6:5-8.7:1-5.10, Mrk 8:14-21

Berjaga-jaga dan waspada menjadi penekanan Yesus kepada para murid-Nya dalam injil hari ini. “Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes”, (Markus 8:15). Gambaran ragi dipakai untuk menjelaskan “efek atau pengaruh”. Berhati-hati dan waspadalah terhadap pengaruh kekuasaan dan pribadi yang ada dibalik kekuasaan tersebut. Sikap berjaga dan waspada mutlak diperlukan agar hidup manusia tidak terjerumus dalam pengaruh kekuasaan yang membuat manusia jauh dari nilai-nilai yang diajarkan dan diteladankan Yesus.

Dalam konteks hidup di Indonesia saat ini agama (ragi Farisi) dan kekuasaan (ragi Herodes) sedikit banyak telah membuat hidup manusia bukan lebih taat dan takut akan Allah. Tuhan mendidik kita untuk menjadi pribadi yang menampilkan nilai-nilai iman yang tahan banting dan tahan gores terhadap ragi-ragi yang malah mengembangkan hal-hal negatif. Bila menjadi Katolik lalu kita tidak bisa menebarkan damai dan sukacita, hati-hati dan waspadalah jangan jangan kita sudah terkontaminasi “ragi Farisi dan Herodes”. Bila menjadi Katolik lantas dengan situasi kekuasaan saat ini lalu kita lebih senang mengumbar kesalahan dan kebodohan orang lain, apakah itu yang Tuhan kehendaki?

Semoga hari ini kita senantiasa bisa berjaga dan waspada terhadap pengaruh-pengaruh buruk dari hal apapun yang bisa kita jumpai hari ini. Semoga iman dan hidup kita hari ini selalu bisa bertahan dalam ketaatan dan kesetiaan kepada Yesus bahkan dalam keadaan tersulit sekalipun. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.