Brigjen Pol (Purn) Sadarum Ingatkan Prajurit Untuk Miliki Jiwa Pemimpin yang Melayani, Heroik dan Mengubahkan

Malang – keuskupanbogor.org : Salah satu tokoh dan putera terbaik bangsa di Kepolisian, Brigjen Pol (Pur) Sadarum hadir membagikan pengalamannya sebagai perwira polri dalam retret rohaniwan Katolik TNI POLRI di Rumah Retret Getsemani, Malang (16/07). Kepada para peserta retret yang hadir dari berbagai tempat dan satuan kerja ini, beliau menuturkan pengalamannya sebagai orang Katolik yang dipakai Tuhan dalam perjalanan tugas dan dinasnya. 

“Kunci utama sebagai orang Katolik di lingkungan tugas kita (TNI dan POLRI) adalah jangan pernah memiliki rasa “minority syndrome”, tutur pria kelahiran 20 Juni 1950 ini. Orang Katolik meskipun sedikit tetap mampu menjadi pejabat strategis dengan tetap sebagai orang Katolik. Tugas memberi advokasi, menemani, menyapa, memotivasi menjadi tugas para perwira Katolik. “Kita dipanggil untuk menjadi utusan yang membawa kabar baik”, tegasnya. Sering umat Katolik justru melemahkan dirinya sendiri dengan mentalitas seperti ini. 

Orang Katolik yang laki-laki ini (mayoritas peserta) diajak untuk juga aktif dalam lingkungan. “Jangan hanya menyuruh yang ibu-ibu hadir di lingkungan; Saya mau menggereja nanti kalau pensiun. Telat!, tutur pria yang menjabat menjadi Kapolda NTT ini.

Saat ini dalam masa purnakaryanya beliau aktif melayani di Komisi Kerawam Keuskupan Surabaya. Tanya jawab antara peserta retret dengan beliau semakin meneguhkan dan memperluas wawasan. 

(RD David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.