Bunda Maria sebagai Teladan Hidup Gereja

Senin  1 Juni 2020

Pekan Biasa IX

PW. St. Perawan Maria, Bunda Gereja

Bacaan I     :  Kej 3: 9-15.20/ Kis 1 :12-14

Bacaan Injil : Yoh 19: 25-34

 

Masih ingatkah kita akan dialog Yesus, Maria dan murid yang dikasihi-Nya di bawah kaki salib? Kala itu, Yesus berpesan kepada Maria: “Ibu, inilah anakmu” dan kepada muridnya: “Inilah Ibumu”. Dialog singkat namun sarat makna itu meneguhkan hubungan Maria dan murid-murid Yesus. Sejak itu, “murid itu menerima Ibu Yesus dalam rumahnya”.

Hari ini kita memperingati peringatan wajib Santa Perawan Maria, Bunda Gereja. Di balik setiap kesuksesan seorang anak tentu ada sosok yang mendidiknya. Sabda Yesus sungguh menjelaskan hal ini di mana Maria telah ditunjuk untuk menjadi Ibu kita: “apa yang diajarkan Gereja tentang maria berakar dalam iman terhadap Kristus, dan sekaligus menjelaskan Iman akan Kristus” (KGK 487). Maka, kita pun sebagai Gereja meneladani Maria yang sungguh dengan setia menerima sabda Allah  (Fiat mihi secundum Verbum Tuum) dan melahirkan Yesus Kristus. Bersama Bunda Maria, jemaat perdana berkumpul dan berdoa di saat Roh Kudus turun atas mereka (Pentakosta).

Bunda Maria memberikan teladan sebagai bunda Gereja. Kesetiaan imannya terbukti dalam mengikuti Yesus dalam peristiwa sengsara dan wafat-Nya di kayu salib. Tugas Maria terhadap Gereja berasal dari “persatuannya dengan Kristus”. Gereja Katolik menghormati Bunda Maria sebagai Bunda Gereja dalam tatanan rahmat.karena teladan “iman, harapan dan kasihnya dalam mengobarkan jiwa-jiwa” [KGK 968]. Maka marilah kita secara pribadi juga menempatkan Maria sebagai Bunda kita dan Bunda Gereja yang mengantar kita pada Putra-Nya Tuhan kita Yesus Kristus.


Allah Bapa di Surga terima kasih atas bimbingan Roh Kudus-Mu yang menunjukkan sosok teladan iman yang luar biasa dalam diri Santa Perawan Maria. Semoga kami dapat meneladaninya dalam mengikuti Yesus, Tuhan dan pengantara kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.