Geliat Katekese Dekenat Utara

Herkulanus – Keuskupan Bogor : Sosialisasi Katekese Dekanat Utara diadakan di Center of Katekese Keuskupan Bogor yaitu di Gereja Herkulanus pada hari Sabtu, 20 Januari 2018 dihadiri oleh 34 orang yang hampir semuanya adalah katekis yang berasal dari 6 Paroki dan 1 Koasi di Dekanat Utara, 1 orang perwakilan dari team Komkat Keuskupan Bogor dengan didampingi RD Marselinus Wahyu Dwi Harjanto (Pastor Moderator Katekese Dekanat Utara Keuskupan Bogor) dan RD Al.Tri Harjono (Pastor Paroki Herkulanus). Acara ini berawal dari keprihatinan para katekis Dekanat Utara yang memiliki masalah yang sama yaitu adanya keanekaragaman dalam materi ataupun waktu untuk setiap pembelajaran bagi umat,tidak menutup kemungkinan juga dalam pelaksanaannya masih juga bervariasi antar paroki.

Para katekis dekenat utara bersama Romo Wahyu.

Hal ini terjadi dikarenakan masih belum ada strandarisasi untuk para Katekis dalam melakukan pengajaran dan pembinaan untuk sakramen Inisiasi. Selain hal tersebut juga adanya situasi masing – masing Paroki yang berbeda – beda sehingga masih belum ada keseragaman disana. Hal yang kedua yang masih belum sama adalah untuk pembinaan bagi siswa/i Sekolah dari SD-SMP-SMA yang sedang bersekolah di sekolah non-Katolik dan tidak mendapatkan pelajaran agama Katolik. Berbekal dari latar belakang yang sama, kemudian RD Wahyu, panggilan Pastor Moderator Katekese Dekanat Utara, membentuk team kecil Dekanat Utara untuk menjadi motor penggerak dalam mengatasi permasalahan tersebut. Setelah team kecil terbentuk yang terdiri dari 7 orang perwakilan, maka dilakukan pertemuan intensif untuk membuat satu buah kegiatan yaitu PELATIHAN KATEKESE INISIASI, DINAMIKA KELOMPOK,KURIKULUM TIGA BELAS dan KTSP, yang akan dilakukan pada 2 – 4 Maret 2018 di Wisma Sasono Mulyo. Proses demi proses dilalui oleh team kecil ini, dari Audiensi dengan Pastor Koordinator Dekanat Utara, Audiensi dengan Bapa Uskup, Audiensi dengan Pastor Komkat Keuskupan Bogor dan Audiensi dengan BIMAS Katolik dan berakhir dengan dilakukannya Sosialisasi Katekese Dekanat Utara.

Acara Sosialisasi yang berlangsung selama 3 jam ini, diawali dengan sambutan dari Pastor Paroki Herkulanus kemudian dilanjutkan oleh Pastor Moderator Katekese Dekanat Utara dan dilanjutkan paparan dari team kecil Gregorius Hendy (katekis St Paulus sebagai Sekretaris 1) dilanjutkan oleh Andreas Budi (katekis St Matius sebagai Sekretaris 2) dan diakhiri oleh C Lisliyantiningsih (Katekis St Thomas sebagai Ketua 1) dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi bersama ini, berlangsung penuh dengan semangat dan kekeluargaan. Banyak hal yang terungkap dari masing – masing katekis dengan pengalaman yang berbeda satu dengan yang lainnya dan juga adanya kesatuan hati untuk menjadi pelayan Gereja di Katekese. Antusiasme terlihat ketika masing – masing perwakilan untuk diminta 10 orang yang akan hadir dalam acara PELATIHAN KATEKESE INISIASI, DINAMIKA KELOMPOK,KURIKULUM TIGA BELAS dan KTSP. Terlihat menarik dan antusias karena dalam pelatihan ini akan dibentuk divisi yang terkait Baptis Anak, Baptis Dewasa,Diterima dalam Gereja Katolik, Komuni Pertama, dan Kelompok Guru Sekolah Iman Katolik  kemudian akan dihadirkan Narasumber yang handal di bidangnya yaitu Katekese INISIASI oleh RD Rudi Hartono, Kurikulum Tiga Belas oleh L. Atrik Wibawa dan Dinamika Kelompok oleh Petrus Dinar Subagyo dan ditutup Misa oleh Bapa Uskup serta pelantikan pengurus Katekese Dekanat Utara. Salah satu peserta mengungkapkan bahwa ini adalah hal yang bermanfaat dimana sudah terbentuk program katekese Dekanat Utara yang dapat menjadikan jembatan bagi para DPP serta katekis di Dekanat Utara dalam melakukan pelayanan dan karyanya serta mempermudah koordinasi sehingga semua dapat berjalan bersamaan dengan tujuan yang sama dan jelas. Apapun yang dikerjakan para Katekis tak lepas juga dari kolaborasi dengan Pastor sehingga dalam melakukan pelayanan kepada umat semua terlihat dan prosesnya bisa dipantau oleh Pastor Paroki (Koasi). Bravo untuk Katekese Dekanat Utara dan semangat untuk melayani di Dekanat Utara dengan bersinergi pada Komkat Keuskupan Bogor. Sukses selalu dengan semangat melayani sepenuh hati (Gregorius)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *