Hal Kecil Berpengaruh Besar

Renungan Harian 

Sabtu, 16 Februari 2019 

HR St. Onesimus, St. Porforios

Bacaan : Kejadian 3 : 9-24, Markus 8 : 1 -10

Lamanya seseorang menjadi orang katolik bukan jaminan orang semakin menyerupai Kristus. Idealnya, semakin lama menjadi orang Katolik seharusnya punya pengetahuan dan sikap hidup yang sungguh sesuai dengan keteladanan hidup Yesus. Nilai-nilai hidup Yesus harusnya merupakan sumber semangat atau spiritualitas yang menggerakkan cara hidup kita. Namun bagaimana senyatanya?

Injil hari ini tentang bagaimana sikap para murid-Nya terhadap suatu situasi. Para murid itu tentu cukup intens bersama Yesus. Namun dalam kenyataannya mereka tidak memiliki kepekaan akan situasi. Pengalaman nyata mereka yang selalu bersama Yesus tidak menjamin bahwa mereka mampu mengerti dan melaksanakan ajaran-Nya. Kepedulian Yesus terhadap orang banyak yang kelaparan saja, mereka tanggapi dengan sikap apatis, penuh keraguan akan keilahian Yesus.

Setiap hari kita diberikan kesempatan oleh Allah untuk melakukan suatu kebaikan. Tak perlu berencana yang besar dan megah untuk melakukan kebaikan. Kebaikan sekecil apapun ketika itu dilakukan akan memiliki dampak yang luar biasa. Kadang pemikiran apatis dan rasa rendah diri menghalangi kita untuk berbuat sebuah kebaikan. Sebagai pengikut dan bahkan kita menyebut diri kita sebagai murid Yesus semoga kita semakin menyerupai Dia yang tiada henti berbuat baik, mengucap syukur dalam segala berkat sekecil apapun itu, kerelaan memberi dan berbagi bukan karena kelebihan tetapi karena sebuah kepekaan (bela rasa). Tidak pernah dijumpai orang menjadi miskin karena memberi.

Tuhan ajarlah aku agar hari ini mampu menjadi pribadi pengikut Kristus yang lebih mudah bersyukur daripada mengeluh, senantiasa optimis bukan apatis karena Engkau selalu beserta kami. Amin

Penulis : Antonius Purbiatmadi & RD David

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.