Hormat Pada Sang Bunda

Renungan Harian
Senin, 10 Juni 2019
PW St. Perawan Maria Bunda Gereja
Bacaan : Kejadian 3 : 9-15.20; Yohanes 19 : 25-34

Paus Fransiskus menetapkan senin pertama setelah Pentakosta sebagai Peringatan Santa Perawan Maria Bunda Gereja. Dalam peringatan ini ditekankan kembali penghormatan gereja kepada Bunda Maria. Kehidupan beriman Katolik sungguh dibuat sangat dekat, akrab dan manusiawi. Kita memanggil Tuhan kita dengan sebutan Bapa. Kehadiran dan penghormatan pada Bunda Maria menjadikan iman kita pun diperlengkapi dengan sosok seorang ibu.

Dalam peristiwa Salib, Yesus menyerahkan ibu-Nya kepada murid-Nya. Demikian pula sebaliknya, Yesus menyerahkan pada murid-Nya kepada ibu-Nya. Sejak saat itu para murid diperlakukan sebagai anak oleh Maria dan para murid pun memperlakukan Maria sebagai ibu.

Ibu merupakan sosok pekerja keras, pendoa yang setia, kepekaannya dan perhatiannya pada anak begitu luar biasa. Dibalik sikap bawelnya, ibu hanya ingin memastikan anaknya baik-baik saja. Namun terkadang sikap anak yang sering kali kurang ajar, tidak hormat, bahkan melawan sang ibu membuat hati ibu bersedih. Semoga perayaan hari ini menyadarkan kita untuk hormat dan taat pada Bunda Maria yang tidak pernah lelah melindungi dan mendoakan kita anak-anaknya.
RD David

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.