HUT 50 Tahun Seminari Tinggi St. Petrus Paulus – Refleksi, Introspeksi dan Ekspektasi

Bandung – keuskupanbogor.org : Bertambahnya usia menandakan sebuah pertumbuhan dan perkembangan yang diharapkan pula berjalan beriringan dengan bertambahnya kualitas dan karakter yang baik. Pertambahan usia (idealnya) menunjukkan pula sisi kedewasaan.

Memasuki usia yang ke-50, Seminari Tinggi St. Petrus Paulus mengajak para imam Keuskupan Bogor untuk menimba kembali jejak-jejak iman dan panggilan yang pernah terpatri di tempat ini. Seminari yang berada di Jalan Suryalaya No. 7, Buah Batu ini telah melahirkan mayoritas imam-imam diosesan Bogor dan beberapa imam diosesan lainnya. Dengan kata lain, seminari ini menjadi rumah pembentukan bagi hidup imamat para frater yang pernah “dititipkan” di sini.

Dalam sesi ceramah yang dibawakan oleh Romo Fabianus Heatubun serta tanya jawab di antara para imam, Romo Fabie mengingatkan semua imam untuk kembali menginstalasi dan memperbaharui semangat hidup sebagai seorang imam pada tingkat mistik. Dalam pemahaman ini, penekanannya adalah pada soal olah rasa (hati) bukan hanya pada olah pikir (logika).

Ketika orang sudah mencapai pada tingkat mistik, outputnya adalah kesalehan, kerendahan hati dan ketaatan. Maka dalam proses ini, kekudusan menjadi sebuah upaya yang perlu diperjuangkan. Hidup suci dan selamat itu de facto merupakan kerinduan mendasar manusia sebagai homo religiosus. Panggilan imamat adalah panggilan untuk kekudusan. Kekudusan itu ditunjukkan bukan hanya melalui doa, tetapi melalui perbuatan kasih dan kesaksian.

Panggilan untuk menjaga para imam dalam kekudusan pun akhirnya menjadi panggilan milik semua, baik imam maupun awam. Para imam yang tekun dalam doa dan Ekaristi, perbuatan kasih dan kesaksian tentu menjadi sebuah kesaksian hidup yang nyata yang menyentuh pada tatanan hati. Demikian pun dengan umat yang senantiasa diharapkan untuk menjaga pula kekudusan para imamnya.

(RD David)

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: