Hut Brimob ke-74, Kapolri Idham Aziz, Iman Dasar Tugas Pengabdian

Kelapa Dua – keuskupanbogor.org : HUT Brimob ke-74 di kawasan lapangan upacara Kesatrian Korps Brimob Amji Attak Kelapa Dua, berlangsung sakral dan meriah (Kamis, 14/11). Brimob untuk Indonesia menjadi tema utama HUT Brimob pada tahun ini.

Para penari yang memeriahkan HUT Brimob ke-74 “Brimob Untuk Indonesia”. (Foto : RD David)

Rangkaian acara yang dimulai tepat Pkl.08.30 ini dihadiri tokoh-tokoh pemerintahan seperti Puan Maharani (Ketua DPR RI), Tito Karnavian (Mendagri), Mayjen I Nyoman Catiasa (Danjen Kopasus) hingga para tokoh adat dan agama.

Para tokoh agama hadiri upacara HUT Brimob ke-74 di Ksatrian Amjiatak, Kelapadua (Foto; RD David)

Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si memimpin langsung jalannya upacara. Dalam amanatnya, pria kelahiran Kendari ini menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih atas pengabdian Brimob selama ini. Lebih lanjut, dalam kepemimpinannya, ia mengajak anggota Brimob untuk ikut menjalankan tujuh program pokok yang digagasnya sebagai Kapolri.

Secara khusus, mantan Kabareskrim Polri ini memberikan pedoman khusus bagi anggota Brimob. Pada point pertama ia menggarisbawahi kekuatan iman dan takwa sebagai landasan tugas pengabdian Brimob. “Tingkatkan keimanan dan ketakwaan dan jalankan tugas sebagai ibadah”, tuturnya tegas.

Berikut petikan pedoman yang beliau sampaikan kepada seluruh jajaran Brimob dalam upacara HUT Brimob ke-74 di Kelapadua :

  1. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan dan jalankan tugas sebagai ibadah
  2. Jaga kehormatan pribadi kesatuan dan institusi Polri
  3. Tingkatkan soliditas dengan TNI 
  4. Terus belajar dan berlatih dalam rangka mendukung tugas
  5. Terus pelihara kesiapan personil serta sarana prasarana pendukung.

“Saya mengingatkan berbagai tantangan dan tugas ke depan yang akan kita hadapi antara lain pelaksanaan Operasi Lilin 2019, Pilkada Serentak 2020 di 270 wilayah, yang terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota, serta PON ke-20 yang akan berlangsung di Papua. Setiap tantangan tersebut memiliki karakteristik dan potensi kerawanan yang khas dalam pelaksanaannya,” pungkasnya.

Amanat yang beliau sampaikan ini sejalan dengan langkah yang diambil Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko. Dalam awal tugasnya di ksatrian Amjiatak ini beliau melakukan kunjungan ke tempat-tempat ibadah dan melakukan wawan hati dengan para tokoh agama.

Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko saat berkunjung ke Katedral Jakarta dalam rangka silaturahmi ke KWI 27 Agustus 2019. (Foto : RD David)

Dalam kunjungan tersebut, ia memohon doa dari para tokoh agama dan mengajak bersinergi bersama membantu tugas-tugas Brimob. Dalam kunjungan ke Gereja Santo Thomas, ia mengajak para romo untuk membina kerohanian anggota Brimob sekaligus menjadikan gereja bukan hanya sebagai wadah pembinaan iman tetapi juga wadah persemaian nilai-nilai kebangsaan.

Romo David dan Komandan Brimob Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko usai HUT Brimob ke-74. (Foto : RD David)

Pembinaan iman bagi para abdi negara merupakan sebuah karya pastoral juga menjadi perhatian utama gereja. Kehadiran gereja di satuan-satuan TNI POLRI dan pastoral di Keuskupan TNI POLRI merupakan tanda bahwa gereja hadir dan ingin tumbuh bersama para prajurit Kristus ini.

Selamat HUT Brimob ke-74. Semakin profesional, modern dan terpecaya untuk menjaga empat pilar bangsa (NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika) dengan tetap berakar pada nilai-nilai iman yang semakin kuat.

(RD David)

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: