ISKA Gelar Lomba Karya Tulis Bagi Anak Sekolah Bertemakan Energi Terbarukan

Jakarta – keuskupanbogor.org : Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) DPD DKI Jabodetabek khususnya Bidang Energi dan Lingkungan Hidup  mengadakan Lomba Karya Tulis bagi siswa/I SMU, SMK dan sederajat. Kegiatan yang mengusung tema ‘Energi Terbarukan di Sekitar Kita” tersebut digelar sejak bulan Agustus 2019 dan berhasil mengumpulkan 44 karya tulis dari 18 sekolah SMU, SMK dan sederajat se-Jabodetabek.

Setelah melalui penjurian dengan Luky Yusgiantoro, Hermien Y Kleden dan Ignasius Hariyanto selaku Dewan Juri, maka terpilihlah 10 karya tulis sebagai finalis yang akan dipresentasikan pada Sabtu (02/11/2019) di Aula Gedung M, Universitas Tarumanegara, Jakarta Barat.

Sabtu (02/11/2019), rangkaian acara presentasi diawali dengan doa yang lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Christien Agnes selaku Ketua Panitia juga Ketua Bidang Energi dan Lingkungan Hidup ISKA DPD DKI Jabodetabek.

Dalam sambutannya, Christien Agnes berharap lomba ini dapat menjadi sarana bagi para siswa untuk peduli lingkungan hidup. “Kita hidup di bumi, maka kita juga yang harus menjaga dan merawat bumi kita ini. Oleh sebab itu peran adik-adik sebagai generasi penerus sangat diperlukan,” ungkap Christien Agnes.

Selanjutnya sambutan dari Heru Krisna selaku Ketua Umum ISKA DPD DKI Jabodetabek, yang mengapresiasi karya tulis yang telah dikirimkan oleh para siswa.

Sambutan berikutnya dari Agustinus Purna Irawan selaku Rektor Universitas Tarumanegara yang juga mengapresiasi kepedulian para siswa atas bumi dan lingkungan hidup di sekitarnya.

Usai, sambutan tersebut, acara presentasi pun segera diadakan. 10 finalis mempresentasikan karya tulis mereka di depan Dewan Juri dan hadirin yang hadir pada saat itu. Tak hanya presentasi karya tulis dalam bentuk narasi, para siswa pun menggunakan alat peraga. 

Setelah para finalis mempresentasikan karya tulisnya, saatnya makan siang bersama. Sedangkan Dewan Juri rapat untuk menentukan pemenang.

Akhirnya saat yang dinantikan pun tiba. MC mengumumkan para pemenang. Berikut adalah para pemenang :

Juara 1
Alden Christian & Justin Jonany, SMA St. Laurensia, Jakarta
“Pemanfaatan Kincir Angin sebagai Alternatif Penghasil Energi Lisrik Di Sekolah.”.

Juara 2
Steffi Yohana, SMA Budi Mulia, Bogor
“Betulkah Sampah Tak Lagi Berguna?”

Juara 3
Miranda Afriska & Nimas Lian Kusuma, SMAN 24 Tangerang
“Pengkonversian Energi Surya Menjadi Energi Listrik Terhadap Lampu untuk Kebutuhan Pelajar.”.

Harapan 1
Theola Flowrencia, SMA Regina Pacis, Bogor
“Analisis Kelemahan Penggunaan Panel Surya di Bogor.”.

Harapan 2
Angelina Priscilla Tan, SMA Tarakanita 2
“The Power of Trash.”.

Harapan 3
Muhammad Raul Gonzales & Mutiara Gea Amarly, SMAN 24 Tangerang
“Pemanfaatan Gorden Panel Surya (GPS) Sebagai Energi Listrik Alternatif Pada Rumah.”.

4 Pemenang Pilihan Dewan Juri :
1). Fitriana Hisnainy & Isnaeni Kartika Putri, SMAN 24 Tangerang
“Pemanfaatan Sampah Menjadi Listrik Alami (Statistika) sebagai sumber energi    alternatif baru dan terbarukan.”

2).  Marvelouis Maransa, SMA Kolese Kanisiu
“Energi Bersih Solusi Masalah Polusi.”

3). Risma Lailatul Rohmah & Shifa Maharani, SMAN 24 Tangerang “Pemanfaatan Fermentasi Kacang Kedelai (Natto) sebagai Alternatif Filtrasi Air.”

4). Salma Zahrah Alchair & Novita Aprilla Putri, SMAN 28 Tangerang“Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak.”.

Rangkaian acara ditutup dengan penyerahan piala, sertifikat, hadiah uang, souvenir dari para sponsor termasuk dari Purnomo Yusgiantoro Center lalu foto bersama.

Menurut rencana panitia, hasil karya tulis dari 10 finalis tersebut akan dibukukan dan didistribusikan ke perpustakaan di sekolah-sekolah se-Jabodetabek.

Semoga makin banyak orang yang peduli dalam menjaga dan merawat bumi sebagai rumah kita bersama

(Stephanie Annette Siagian)

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: