Jangan Cuma Kata Orang

Renungan Harian
Kamis, 21 Februari 2019
Kamis Biasa, Pekan Biasa VI

Bacaan : Kejadian 9 : 1-13, Markus 8 : 27-33

Dalam injil hari ini dikisahkan Yesus yang bertanya kepada para murid-Nya perihal identitas-Nya. Yesus ingin memastikan bahwa para murid sungguh mengenal diri-Nya baik karena kebersamaan dan relasi pribadi antara murid dan guru-Nya juga berdasarkan pemahaman yang mereka dapat dari relasi mereka dengan lingkungan sosialnya. Dua kalimat Yesus kepada para murid-Nya : “Kata orang, siapakah Aku ini?” dan “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”. Jangan mudah percaya “kata orang”

Lewat kisah ini Yesus mengajak saya dan saudara untuk sungguh mengenal Yesus secara mendalam. Bukan kata orang, tetapi terlebih atas dasar keintiman relasi kita dengan dia. Layaknya dalam hidup kita, terkadang kita terjebak mengenal orang hanya berdasarkan “kata orang” bukan karena pengenalan personal secara akrab dan dekat. Pengenalan ini hanya dimungkinkan bila kita senantiasa menyempatkan diri untuk membawa pengalaman hidup kita menjadi pengalaman rohani. Setiap peristiwa hidup kita itu bermakna ; makna itu akan menyapa kita saat kita memberi diri untuk merenung sejenak.

Semoga hari ini kita dimampukan semakin akrab dan dekat dengan Yesus agar kita semakin sadar, paham dan kenal pribadi dan karya Yesus dalam hidup kita. Semoga pengalaman hidup kita hari ini pun senantiasa dimaknai dalam terang Sabda Tuhan.

Seiring dengan itu pula, mari kita sambut dan sukseskan Sinode II Keuskupan Bogor yang akan dibuka esok (22/2/2019) di Paroki Johanes Baptista Parung. Kita akan memantapkan langkah pastoral iman Keuskupan Bogor dalam perjumpaan bersama seluruh umat beriman (awam, imam, biarawan-biarawati, OMK) untuk merefleksikan dan membaharui reksa pastoral keuskupan kita. Mari melangkah bersama dalam sukacita Injil. Salam Sinode

RD David

2 thoughts on “Jangan Cuma Kata Orang

  1. Anastasia says:

    Yesss … melangkah bersama dengan sukacita, sukacita dalam communio yg injili, peduli, cinta alam dan Misisoner 🥰

  2. Antonius Purbiatmadi says:

    Selamat bersinode. Semoga membuahkan communio yang penuh sukacita, Injili, peduli, cinta alam dan semangat misioner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.