Jangan “Sok Pinter”

Renungan Harian 
Senin, 29 April 2019
PW St. Katarina dari Siena, Perawan dan Pujangga Gereja
Bacaan : Kisah Para Rasul 4: 23-31; Yohanes 3:1-8

Dalam injil hari ini dikisahkan perihal percakapan Nikodemus bersama Yesus. Nikodemus adalah seorang Farisi; pemimpin agama Yahudi. Pengetahuan agama dan kesalehannya tidak perlu diragukan lagi. Nikodemus datang kepada Yesus karena tertarik pada Yesus dan menghormati-Nya. Ia mau belajar kepada Yesus kendati Nikodemus adalah seorang tokoh besar pada kalangannya saat itu. Seorang Nikodemus perlu usaha ekstra untuk memahami ajaran Yesus “lahir kembali dari air dan Roh”. Ia tidak merasa diri lebih pintar dan ilmu agamanya cukup. Ia pun tidak mengajak Yesus beradu debat soal iman dan ajaran.

Hidup lama sebagai orang Katolik, sering datang ke Gereja, ikut persekutuan dan aneka kursus tidak menjamin seorang pribadi semakin menunjukkan sebagai orang yang telah dilahirkan kembali dalam “Roh”. Bahkan tidak sedikit orang Katolik sudah puluhan tahun tidak paham firman, miskin wawasan kekatolikan bahkan rapuh kepercayaan pada Allah. Di sisi lain semakin banyak bekal kursus iman bukan jaminan membuat orang semakin rendah hati bahkan alih-alih menunjukkan arogansi dan kesombongan rohani.

Tuhan ajarlah aku untuk selalu diperbaharui oleh Roh-Mu selalu. Lembutkan kembali hati kami dan bawalah kami untuk tiada henti belajar semakin mengenal Engkau. Amin

RD David

2 thoughts on “Jangan “Sok Pinter”

    • David Lerebulan says:

      Saudari Dewi yang diberkati Tuhan
      Mari kita selalu belajar untuk semakin diperbaharui dalam ukuran Roh Allah
      Tuhan memberkati selalu.
      Salam, doa dan berkat

      RD David

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.