Kasih: Dasar Iman

Renungan Harian
Selasa, 14 Mei 2019
HR St. Matias, St. Maria Dominika Mazzarello, St. Mikhael Garicoits
Bacaan : Kis 1:15-17. 20-26, Yoh 15:9-17

Di hari-hari istimewa, seperti misalnya perayaan Natal, Paskah atau ulang tahun, sering kita adakan acara berkunjung ke panti asuhan, panti jompo, lembaga pemasyarakatan, dsb. Kepada mereka kita memberi penghiburan, peneguhan iman dan bingkisan untuk kebutuhan harian mereka. Apa yang kita lakukan adalah ungkapan kasih kita kepada sesama.

Dalam ajaran iman Gereja kita, kasih adalah dasar hidup kita. Ajaran itu bersumber dari Yesus sendiri, yang disampaikan kepada para rasulNya, dalam perjamuan malam terakhir sebelum Yesus menderita. Dalam amanatNya itu Yesus memberi perintah kepada para rasul agar saling mengasihi. Perintah itu tentunya juga ditujukan kepada kita sekarang ini. Jika Tuhan telah lebih dahulu mengasihi, maka kita pun harus mengasihiNya juga, lewat kasih yang nyata pada sesama kita.

Kita percaya bahwa jika setiap orang yang hidup dalam kasih Tuhan, maka hidupnya akan bersamaNya selalu. Tuhan telah memilih kita sebagai duta kasih. Karenanya, marilah kita selalu hidup dalam kasih Tuhan. Semoga kita mampu menjadi pelaku kasih bukan demi pamor diri, tetapi demi kemuliaan Tuhan.

Ya Tuhan, semoga aku mampu mewujudkan kasihMu secara nyata pada sesamaku. Amin.
(Penulis : Antoni Purbi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.