Komisi KKI Regio Jawa Menyepakati Perkenalan Pontifical Missionary Union

Para direktur diosesan berkumpul dalam temu KKI regio Jawa.

Cisarua–Keuskupan: BERTEMPAT di Villa Bukit Pancawati, Cisarua, Komisi KKI (Karya Kepausan Indonesia) Keuskupan Bogor dengan bahagia menyambut kedatangan para direktur diosesan komisi KKI se-regio Jawa, 22-23 Februari 2018 silam. Para dirdios (direktur diosesan) ini datang bersama dengan beberapa anggota stafnya dalam rangka mengikuti acara pra-SOMA yang diselenggarakan oleh Keuskupan Bogor. Agenda ini merupakan salah satu kegiatan rutin guna membangun sinergitas dan gerak rancang bersama keuskupan-keuskupan yang ada di pulau Jawa.

Pada pertemuan ini, salah satu hal yang disepakati bersama oleh para dirdios ini ialah bahwa komisi KKI ingin mengenali lebih dalam, sekaligus memperkenalkan salah satu serikat di bawah komisi KKI, yakni serikat kepausan persekutuan misioner para imam, religius, dan awam atau PMU (Pontifical Missionary Union). Penekanan yang ingin dicapai melalui serikat ini ialah terciptanya kerja sama antarumat Allah –baik para kaum klerus, biarawan-biarawati, hingga kaum awam, untuk memajukan misi di tempatnya masing-masing. Selain itu, serikat ini juga berusaha untuk menemukan bentuk misi yang sesuai dengan zaman sekarang.

Persiapan Jambore Nasional
Peserta pertemuan menyimak pembawa materi dengan antusias.

Pertemuan ini juga turut membahas kesiapan dari keuskupan-keuskupan di regio Jawa dalam rangka mengikuti Jambore Nasional di Pontianak pada bulan Juli nanti. Setelah men-sharing-kan persiapan di keuskupan masing-masing, koordinator komisi KKI regio Jawa kemudian memberikan kesempatan bagi para dirdios dan stafnya untuk berkumpul  dan membicarakan pentas seni pada acara jambore nasional nanti. Acara pentas seni ini akan ditampilkan seturut dengan wilayah provinsi Gerejawi, yakni Keuskupan Agung Jakarta–Keuskupan Bogor–Keuskupan Bandung, dan Keuskupan Agung Semarang–Keuskupan Purwokerto–Keuskupan Surabaya–Keuskupan Malang). Besar harapan bahwa pertemuan yang diselenggarakan di Bogor ini semakin memantapkan aksi komisi KKI di keuskupan masing-masing serta dalam aksi bersama keuskupan di regio Jawa. (Fr. Dion Manopo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *