Kuasi Paroki BMR Gelar Natal Bersama Sekber OGSI, Kuatkan Ikatan Persahabatan

Sukatani – keuskupanbogor.org : Sebuah persahabatan yang menarik ditampilkan oleh gereja-gereja yang berada di kawasan Sukatani. Sekber OGSI ( Sekretariat Bersama Oikumene Gereja Gereja Sukatani) demikianlah nama yang digunakan selama hampir 20 tahun ini.

Minggu (5/1), Sekber OGSI menggelar natal bersama di lingkungan Kuasi Paroki Bunda Maria Ratu. Gereja Kuasi Paroki Bunda Maria Ratu untuk tahun ini menjadi Panitia. Acara yang diawali ibadat pada Pkl.17.00 ini dihadiri oleh 9 Gereja yaitu : Gereja HKBP, Gereja Kuasi Paroki Bunda Maria Ratu, GKPPD, Gereja ADVENT, GPIB, GBI, GPI, GKSI dan Gereja Tabernakel.

Dengan tema “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang”, (Yohanes 15 : 14-15), Natal Bersama ini diharapkan pula menjadi sebuah semangat baru bagi gereja-gereja ini untuk semakin guyub rukun bersaudara.

Romo David yang memimpin jalannya ibadat mengawali renungannya dengan mengajak semua untuk saling mengenal. Para Pendeta dan Dewan majelis pun memperkenalkan diri kepada seluruh hadirin. Demikian pun umat satu sama lain diajak untuk saling berkenalan.

Dalam Kotbahnya kali ini Romo David Lerebulan menggarisbawahi tentang kata sahabat sesuai tema diatas dalam kontek zaman sekarang. Zaman yang canggih dengan teknologi dalam genggaman. Dalam genggaman handphone yang hampir selalu menemani kita setiap saat. Sehingga jangan sampai kita umat Kristiani kehilangan arti sahabat dan malah digantikan dengan keberadaan oleh handphone itu sendiri.

Tak terkecuali dalam lingkup keluarga. Masihkah kita menjadi sahabat untuk suami, istri dan anak-anak kita? Mampukah kita tetap menjadi sahabat bagi mereka dalam arti sesungguhnya? Semoga kehadiran teknologi komunikasi tidak menggantikan arti dari persahabatan yang sesungguhnya, kedekatan dan kehadiran baik dalam keluarga, bertetangga maupun lingkungan menggereja.

Ibadat dilanjutkan dengan menyalakan lilin yang dilakukan oleh perwakilan dari tiap Gereja. Doa Safa’at dipimpin oleh Bapak Pendeta Bpk. Zeth Yohanes Sth dari GKSI. Sebagai penutup Ibadat ini Romo David Lerebulan mengajak para Pendeta untuk naik ke altar dan bersama-sama berkenan memberikan berkat dan pengutusan.

Setelah Ibadat selesai, acara dilanjutkan dengan foto bersama Romo dan Para Pendeta lalu dengan para Dewan dan Majelis. Dilanjutkan dengan Sambutan dari Ketua SEKBER yaitu Bapak Joko Pahing (GKSI) dan Ketua Panitia yaitu Bapak FX Gatot Raharjo (KPBMR).

Tidak lupa juga acara ini dihibur oleh perwakilan dari masing-masing gereja. Gereja Kuasi Paroki Bunda Maria Ratu diwakilkan oleh Orang Muda Katolik. OMK menyuguhkan beberapa lagu akustik dan mendapat sambutan yang cukup meriah dari jemaat di sela-sela ramah tamah dan santap malamnya.

Jurnalis : Ronald KPBMR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.