Lahirnya Cabang Baru WKRI di Keuskupan Bogor

Semplak–Keuskupanbogor.org : Bertempat di Hotel Laras Hati Semplak, Minggu, 23 September 2018 menjadi saat bersejarah bagi Paroki Ignatius Loyola Semplak. Salah satu  komunitas gereja yang beranggotakan kaum perempuan, resmi berdiri di dalam paroki ini. Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Semplak telah melakukan Konferensi Cabang (Konfercab) yang pertama. Dengan demikian, WKRI Semplak yang selama ini menjadi ranting di bawah naungan WKRI Cabang BMV Katedral, telah resmi menjadi cabang.

Konfercab perdana ini mengangkat tema Merajut Kebersamaan Wanita Katolik RI di dalam Paroki Santo Ignatius Loyola Semplak Didasari oleh Ajaran Cinta Kasih dan Keberagaman. Tema tersebut sesuai dengan harapan RD. Antonius Dwi Haryanto selaku pastor paroki. Romo Anton berharap agar WKRI Semplak dapat membangun suasana yang lebih baik, dalam kebersamaan yang penuh cinta kasih.

Konferensi Cabang I ini merupakan rapat besar bagi anggota ranting, salah satu tujuannya adalah ntuk memilih sepasang pimpinan Cabang WKRI. Pasangan tersebut akan memimpin WKRI Semplak sebagai Ketua dan Wakil Ketua selama tiga tahun. Empat persidangan dilangsungkan dengan lancar. Dari sidang-sidang yang dilakukan, sidang Pleno 3 menjadi puncak yang menentukan, siapa yang akan menjadi pimpinan WKRI cabang Semplak.

Proses Pemilihan

Dari tiga ranting yang ada di Semplak, disepakati setiap ranting mengirimkan 10 anggotanya untuk terlibat di dalam proses demokrasi pemilihan pimpinan. 30 orang inilah yang memiliki hak suara. 6 calon pimpinan yang dikirim dari 3 ranting menyampaikan visi dan misi agar anggota dapat memilih dengan cermat, sehingga dapat memilih pimpinan yang tepat.

Pemilihan ketua dan wakil, dilakukan dengan cara mencontreng 2 nama kandidat yang tertera di dalam surat suara yang diterima oleh setiap utusan ranting. Pasangan dengan suara terbanyak akan menjadi ketua, dan suara terbanyak kedua akan menjadi wakil ketua. Pada penghitungan suara, Kristina Susilowati mendapat 25 suara dan Christina Noviyanti mendapat 10 suara. Mereka berdua akan memimpin WKRI Cabang Santo Ignatius Loyola Semplak, masa bakti 2018-2021.

Di akhir acara, pimpinan terpilih mengucapkan janji kesetiaan pada tugas dan jabatan dalam WKRI, dipimpin oleh MF. Nining B. selaku Ketua Presidium WKRI DPD Keuskupan Bogor. Kedua pimpinan bukan hanya mengucapkan janji, tetapi juga menandatangani perjanjian kesetiaan telah diucapkan. Romo Anton pun memberikan berkat bagi pimpinan terpilih agar dapat melayani dengan rendah hati seperti seorang hamba, dan didasari dengan penuh cinta kasih. (Yanti Christ)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.