Memanfaatkan Situasi

Ada orang yang sangat royal dalam iman dengan niat pertobatan. Ada kalanya juga ada orang yang begitu pelit dalam iman dengan niat keuntungan.

Renungan Harian
Senin, 15 April 2019
Pekan Suci 
Bacaan : Yesaya 42 : 1-7 ; Yohanes 12 : 1-11

Masih saja ada orang-orang yang gemar memanfaatkan situasi terlebih dalam situasi nestapa dan bencana. Kemunculan pihak-pihak tertentu untuk mengeruk keuntungan dalam derita dan kesulitan orang lain. Mereka umumnya menggunakan kedok niatan baik yang seolah menolong dan meringankan padahal justru sebaliknya. Tidak sedikit orang terkecoh dan terbuai dengan manisnya kata dan janji oknum-oknum tersebut.  

Pertobatan Maria yang meminyaki kaki Yesus dengan setengah kati minyak narwastu murni dipandang Yudas sebagai sebuah tindakan yang kurang tepat. Minyak tersebut mahal harganya. Bila dijual tentu akan mendatangkan keuntungan. Yesus membiarkan wanita tersebut melakukan tindakan pertobatan terbaiknya. Ia sungguh royal terhadap Yesus. Untuk Tuhan kok pelit-pelit. 

Kehidupan menggereja pun demikian. Terkadang muncul orang orang opportunis yang memanfaatkan atau membuat proyekan dengan niat yang seolah-olah baik. Kejahatan dan kecurangan yang dibungkus dengan kesan baik. Ada pula orang-orang yang royal baik waktu, tenaga dan materi untuk Gereja. 

Tuhan ajarlah kami untuk tidak perhitungan terhadap Engkau terlebih dalam masa persiapan Paskah ini. (RD David) 

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: