Memberi Solusi Tanpa Cari Posisi

Renungan Harian
Kamis, 11 Juli 2019 
PW St. Benediktus, Abas
Bacaan : Kejadian 44:18-21.23-29; 45:1-5, Matius 10:7-15

Sembuhkanlah orang sakit, bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kalian telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah dengan cuma-cuma. (Matius 10 : 7)

Menjadi pengikut (murid) Yesus sejatinya menjadi solusi bagi orang-orang yang mengalami masalah. Yesus menganugerahi rahmat khusus bagi orang-orang yang dipanggil dan dipilihnya. Ketika menjumpai sebuah masalah, pengikut Yesus justru dipilih dan dipanggil untuk menjadi bagian solusi (penyembuh).

No profit minded. No personal interest. Demikianlah para murid Yesus sejatinya melakukan karyanya untuk memberikan pertolongan dan penyembuhan bagi setiap jiwa yang dijumpainya. Godaan untuk menjadi tenar, kaya, posisi strategis kerap justru menghancurkan misi awal yang sungguh mulia. Hidup para murid Yesus dipakai untuk keselamatan banyak orang.

Sebagai murid Yesus, kita sudah dipilih dan dipanggil Dia untuk menjadi bagian dalam menyembuhkan dan menolong hidup orang. Senyum dan sapaan anda hari ini mampu menjadi obat bagi setiap jiwa yang anda jumpai hari ini. Sesederhana itu anda sudah jadi pemberi keselamatan.

Semoga sepanjang hari ini hidup dan karya kita dimampukan menjadi sebuah solusi, obat, penyembuh dan penolong bagi orang-orang di sekitar kita. Semoga mata kita hari ini dipakai untuk membantu mencarikan jalan bagi orang lain, telinga yang siap mendengar pergulatan hati orang lain, tangan yang mau menggenggam mereka yang tersesat, kaki yang mau membantu langkah orang lain, dan suara yang menyejukkan hati.

Tuhan ajarlah aku untuk peduli pada setiap jiwa yang Tuhan pertemukan sepanjang hari ini. Biarlah mereka pun boleh merasakan berkat-Mu lewat hidup dan kayak hari ini. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.