Mendorong Kelahiran Katekis Muda Lewat Kursus Kateketik Dasar

Bogor-keuskupanbogor.org: Kurangnya pewarta atau katekis di paroki-paroki mendorong Komisi Kateketik Keuskupan Bogor untuk membuka kembali kelas kursus kateketik dasar di tahun 2019. Kursus ini diselenggarakan untuk yang ketiga kalinya, dan ditujukan bagi para volunteer/sukarelawan yang ingin menjadi pewarta di paroki-paroki. 

Kursus ini dibuka oleh ketua Komisi Kateketik Keuskupan Bogor, RD Andreas Bramantyo, Minggu (12/5/2019) lalu di Pusat Pastoral Keuskupan Bogor lantai 3. Pembukaan kursus diawali dengan perkenalan dan penjelasan tentang pengertian serta tujuan katekese. Romo Andre juga menjabarkan tentang program kerja Komisi Kateketik Kesukupan Bogor yang telah dijalankan dan akan dilaksanakan tahun ini.

Dari kursus ini, diharapkan dapat lahir pewarta yang mampu mewartakan sesuai jenjang umur yang dibutuhkan umat. Langkah ini sejalan dengan hasil pembahasan pada Temu Karya Kateketik Regio Jawa, yakni pewartaan yang berjenjang dan berkesinambungan.

Pelaksanaan bertahap

Banyaknya peserta kursus dari utusan paroki-paroki tahun ini menjadi tanda bahwa katekis yang mumpuni memang dibutuhkan. Karena keterbatasan tempat, maka kursus dasar ini akan diadakan bertahap, rencananya dua kali dalam setahun. Kursus tingkat dasar ini akan dilanjutkan dengan kursus lanjutan pada tahun berikutnya.

Minggu (19/5/2019) pertemuan kedua telah dilaksanakan, dengan tema Komunikasi dalam Katekese (Public Speaking). Sesi ini dibawakan oleh Lorensius Atrik Wibawa, S.Pd., M.M. 

Kursus yang diadakan setiap hari Minggu pukul 13.00 ini masih akan berlanjut hingga 11 Agustus 2019, dan akan ditutup dengan perutusan. (Aureliarani/MEKAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.