Menjadi Rasul Yesus

Renungan Harian
Kamis, 30 Mei 2019
Hari Raya Kenaikan Tuhan
Bacaan : Kis 1:1-11, Ef 1:17-23, Luk 24:46-53

Untuk memajukan perusahaan atau organisasi, maka harus ada sumber daya manusia yang punya etos / karakter kerja. Soal pengetahuan atau ketrampilan dapat ditingkatkan dalam perjalanan waktu kerja seiring dengan kebutuhan pengembangan perusahaan atau organisasi. Dengan memiliki SDM yang beretos kerja, semangat atau berkarater positif, maka organisasi atau perusahaan itu akan berkelanjutan dengan baik sesuai dengan cita-citanya.

Hari ini seluruh Gereja Katolik merayakan Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus. Tugas Yesus di dunia sudah diselesaikan dengan baik sesuai amanat yang diterima-Nya dari Allah Bapa. Salah satunya adalah mempersiapkan generasi penerus tugas-tugasNya di dunia. Yesus sudah membentuk tim yang akan melanjutkan ajaran-ajaranNya, yaitu para rasulNya. Dengan selesainya tugas itu, Yesus kembali ke surga untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk kita kelak, ketika Yesus datang lagi menjemput kita. Selama bersama para rasul, Yesus tidak saja membekali mereka dengan ajaran, perintah, tetapi juga berkat yang penuh daya ilahiNya. Hal ini penting untuk supaya mereka tangguh atau berdaya tahan dalam menghadapi tantangan dunia yang berusaha menghancurkan iman .

Para rasul, melalui Gereja, mewariskan tugas selanjutnya kepada kita semua. Roh Kudus menjadikan para murid dan rasul-rasul tangguh dalam menyebarluaskan kabar Injil. Sebagai anggota Gereja Katolik yang satu dan kudus, dengan anugerah baptisan kita diberi daya hikmat dan wahyu untuk mengenal Yesus dengan benar, supaya dalam Dia, mata hati kita terang dan mengerti akan kemuliaanNya. Itu adalah pesan Paulus kepada jemaat di Efesus. Seperti para rasul, kita pun mendapat tugas perutusan sebagai rasul (apostolik) baru, yakni menyebarkan kabar Injil ke seluruh dunia.

Ya Roh Kudus, aku mohon penuhilah hatiku dan dan nyalakanlah di dalamnya api cinta-Mu. Semoga dengan RohMu maka aku berani mewartakan Injil. Amin
(Penulis : Antoni Purbi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.