Menyemai Iman, Kasih dan Pelayanan… HUT Paroki St. Yoseph Sukabumi ke-129

Sukabumi-Keuskupan: Tepat pada hari Minggu, 09 September 2018 Paroki St. Joseph Sukabumi merayakan Hari Ulang Tahun paroki ke-129 tahun. Bukan usia yang sedikit mengingat keberadaannya dalam pelayanan di Keuskupan Bogor. Dalam perayaan HUT ini terdapat tiga rangkaian kegiatan yaitu: Misa syukur HUT 129 tahun yang dipimpin oleh Pastor Paroki RD. Yustinus Dwi Karyanto, RD. Augustinus Hardono, RD. Christoforus Lamen Sani dengan konselebran utama Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM. Perayaan ekaristi syukur 129 tahun Paroki St. Joseph Sukabumi diawali dengan perarakan dari depan gereja dengan membawa bendera masing-masing lingkungan dan kategorial yang ada di wilayah Paroki St. Joseph Sukabumi.
Bapa uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM dalam Homili menyampaikan ucapan syukur pada Tuhan karena dari 129 tahun yang lalu di Sukabumi sudah ada yang menerima Tuhan Yesus Kristus dalam bentuk persekutuan, yaitu Paroki. Kemudian sesuai dengan Bacaan Injil kali ini Yesus sampaikan “Efata” yang berarti terbukalah. Tidak hanya terbuka telinga untuk mendengar saja tetapi juga mulut untuk berbicara. Kita sebagai umat Katolik di Sukabumi juga harus terbuka dengan perkembangan zaman, menanggapi panggilan Tuhan dalam perkembangan zaman demi kemajuan Gereja.

Dalam perayaan ekaristi ini, Bapa Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM juga memberkati ruang adorasi St. Paskalis dan Capella Maria dan Patung Pietta sebagai sarana pengembangan iman umat.
Bapa Uskup sangat terkesan dengan umat dalam berdoa, sehingga harapannya umat dapat menggunakan sarana yang telah tersedia untuk dapat digunakan dengan baik. Saling mendoakan satu dengan yang lainnya.
Dalam akhir perayaan ekaristi Pastor Paroki bersama Bapa Uskup memotong tumpeng dan memukul gong sebagai simbol Ulang Tahun Paroki St. Joseph ke-129 tahun ini. Kemudian dilanjutkan dengan adorasi dan perarakan Sakramen Mahakudus untuk ditempatkan di ruang Adorasi St. Paskalis yang baru saja diberkati.

Tak cukup sampai disitu, perayaan HUT 129 tahun Paroki St. Jospeh Sukabumi dilanjutkan dengan permainan antar-lingkungan. Kali ini kepanitiaan oleh OMK St. Joseph Sukabumi yang dipromotori oleh Santana sebagai ketua panitia telah menyiapkan 8 permainan tanpa kontak fisik. Ini diharapkan untuk mempererat kebersamaan umat dalam lingkungan masing-masing, dan semakin kompak memeriahkan perayaan HUT 129 tahun Paroki St. Joseph Sukabumi ini.

Kemudian setelah selesai permainan, Panitia mengundang seluruh Pastor Paroki, bersama Bapa Uskup dan seluruh umat untuk makan bersama atau bothram yang telah disediakan oleh masing-masing lingkungan. Bapa Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur juga berbaur bersama dengan umat dan Pastor paroki agar terjalin hubungan secara langsung tanpa batas umat dengan gembalanya.(Komsos St.Yoseph Sukabumi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.