Mgr Ignatius Kardinal Suharyo Ajak TNI POLRI dan PNS Jadi Pahlawan Masa Kini

Cilangkap – keuskupanbogor.org : Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo, Uskup KAJ dan Uskup TNI POLRI memimpin Misa Hari Pahlawan di Gereja St. Johannes Maria Vianney, Cilangkap (Jumat, 15/11). Didampingi para imam yang berkarya di Keuskupan TNI Polri (Romo Ronny, Romo Yos, Romo Hendar, Romo Rochadi, Romo Didit, Romo Matius dan Romo David) misa dihadiri sekurangnya 600 anggota TNI POLRI,PNS, dan para purnawirawan.

Sekitar 600 umat Katolik di lingkungan TNI POLRI PNS dan purnawirawan mengikuti Misa Hari Pahlawan di Gereja St. Yohanes Maria Vianey, Cilangkap. (Foto : istimewa)

Umat Katolik yang berkarya Kementrian Pertahanan menjadi panitia penyelenggara kegiatan ini. Kegiatan bersama ini menjadi salah satu agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Keuskupan TNI POLRI.

Kolonel Infanteri Joko sebagai Ketua Panitia Pelaksana ungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pastor dan DPH Paroki St. Johanes Maria Vianey Cilangkap.

“Misa Hari Pahlawan ini menjadi kesempatan baik untuk bertumbuh dalam rasa cinta tanah air dan berkorban sebagaimana para pahlawan yang kita kenangkan ini. Para pahlawan itu adalah teladan yang mewariskan kepada kita rasa cinta tanah air yang total”, ungkap Mgr Suharyo yang dilantik menjadi kardinal bulan oktober yang lalu ini.

Bapa Uskup Mgr Ignatius Kardinal Suharyo mengadakan wawan hati dengan para pejabat di TNI POLRI sebelum merayakan Misa. (Foto : RD David)

Lebih lanjut dalam homilinya, Bapa Uskup TNI POLRI ini menyoroti pahlawan dalam zaman saat ini. Pahlawan bukan hanya pribadi yang tampil bahkan guru di medan perang.

“Umat Katolik Indonesia perlu bangga karean ada umat Katolik yang jadi pahlawan”, ungkap Bapa Kardinal sambil menyebut pahlawan-pahlawan seperti Sugiyonoranoto, Ignatius Kasimo, Slamet Riyadi, Karel S Tubun, Yos Sudarso.

Sembari mengisahkan pahlawan terbarukan yang diangkat Presiden Jokowi, Ruhanna Kudus, tokoh pers jadi pahlawan nasional, Bapa Uskup mengajak kita semua menjadi pahlawan masa kini dengan membangun imagi Indonesia.

Antusiasme umat bersalaman dengan Bapa Kardinal dan para imam. (Foto : RD David)

“Integritas kita ditentukan dalam rupa menjaga, merawat dan membangun nilai-nilai ke-Indonesiaan”, jelasnya memberikan spirit bagi TNI POLRI dan PNS dalam Misa yang dimulai Pkl. 10.00 ini. “Inilah salah satu pelayanan penting saat ini”, tutup Bapa Kardinal.

Usai perayaan, seluruh umat yang hadir diajak untuk bersalaman bersama. Umat tampak antusias dan beberapa tampak berswafoto bersama Bapa Kardinal sehingga menimbulkan antrian lebih lama.

Mari kita wujudkan Indonesia yang satu dan maju dengan spirit para pahlawan nasional kita.

(RD David)

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: