Mgr Paskalis Ajak Para Imam Rayakan Hari Orang Miskin Sedunia

Kelapa Dua – keuskupanbogor : Di sela-sela kegiatan Sidang Tahunan KWI yang masih berlangsung di Bandung, Mgr. Paskalis memberikan pesan singkatnya di grup WA para imam Keuskupan Bogor.

“Para Romo se-Keuskupan Bogor. Salam jumpa. Mohon perhatian para romo semua agar misa hari Minggu 17 November dirayakan untuk perayaan Orang Miskin Sedunia. Ini ketetapan Paus Fransiskus sejak tahun 2017. Mohon Komsos menyebarkan amanat Paus berkenaan dengan penetapan Minggu Biasa 33 sebagai Minggu Orang Miskin Sedunia”, demikian bunyi pesan tersebut.

Para imam pun langsung menanggapinya dengan positif. ” Siap Mgr. Terima kasih imbauan dan informasinya” sahut Romo Anton yang disusul dengan jawaban serupa dari imam-imam lainnya.

Paus Fransiskus menetapkan Hari Orang Miskin Sedunia pada Peringatan St. Antonius Padua, 13 Juni 2017 di Vatikan. Peringatan Hari Orang Miskin Sedunia ini akan diperingati setiap Hari Minggu Biasa ke-33, hari Minggu sebelum Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam. Itu artinya tahun ini peringatan ini akan dirayakan pada 17 November 2019.

Pada tahun ketiga ini, Paus Fransiskus pun mengeluarkan pesan untuk perayaan ini yang dikutip dari Mazmur 9:19 ” The hope of the poor shall not ever perish for ever“. Paus mengajak agar orang miskin/sengsara harus tetap memiliki pengharapan yang baik.

Bukan untuk selamanya hilang harapan orang sengsara” (Mzm 9:19). Kata-kata pemazmur ini tinggal tepat waktu. Kata-kata tersebut mengungkapkan sebuah kebenaran yang mendalam bahwa iman mengesankan terutama di hati kaum miskin, memulihkan harapan yang hilang di hadapan ketidakadilan, penderitaan dan ketidakpastian hidup.

Pesan Paus Fransiskus yang dikeluarkan pada 13 Juni 2019 ini menyoroti bahwa orang miskin adalah orang-orang yang sungguh mengenal Allah. Dalam wajah orang miskin kita akan menemukan wajah Allah. Orang miskin menaruh kepercayaan yang besar pada Allah.

“Saya meminta agar segenap umat Kristiani, dan semua orang yang merasa terdorong untuk menawarkan pengharapan dan penghiburan kepada kaum miskin, untuk membantu memastikan bahwa Hari Orang Miskin Sedunia ini akan mendorong semakin banyak orang untuk bekerja sama secara efektif sehingga tidak akan ada yang merasa kehilangan kedekatan dan kesetiakawanan. Semoga kamu selalu menghargai kata-kata nabi Maleaki yang mewartakan masa depan yang berbeda : “Kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya” (Mal 4:2)”, demikian ajakan Bapa Suci Paus Fransiskus diakhir pesannya tersebut.

Berapa banyak orang miskin yang kita jumpai hari ini? Apa yang sudah kita lakukan untuk menolong mereka?

(RD David)

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: