Mgr Paskalis Angkat Pastor Pelayan TNI Polri, Mgr Ignatius Kardinal Beri Surat Pengangkatan

Sentul – keuskupanbogor.org : Perhatian khusus dan serius gereja dalam pelayanan pastoral di lingkungan TNI Polri salah satunya ditampilkan lewat pengangkatan beberapa pastor bantuan TNI Polri (pasbanmilpol). Para pastor ini bertugas membina dan merawat jiwa prajurit.

Mgr Paskalis pada 23 Januari 2020 telah mengangkat tiga imam Keuskupan Bogor untuk penugasan sebagai pasbanmilpol dengan memberikan SK tugas kepada mereka : RD Dionysius Aditedjo Saputro & RD David Lerebulan ( St Thomas – Mako Brimob Kelapadua) dan RD Antonius Dwi Haryanto (St. Ignatius Loyola – Atang Sanjaya, Semplak).

Pastor Letkol Yos Bintoro (Wakil Uskup Keuskupan TNI Polri) berfoto seusai melantik dan mengukuhkan para pastor pelayan untuk TNI Polri dan Tim Karya Pastoral Keuskupan TNI Polri di Gereja Kristus Raja PMPP TNI, IPSC Sentul (Jumat, 14/1). Foto : istimewa

Pengangkatan Pasbanmilpol ini dikukuhkan oleh Mgr Ignatius Kardinal Suharyo (Uskup Umat Katolik di Lingkungan TNI Polri – Ordinariatus Castrensis Indonesia) lewat pemberian Surat Pengangkatan yang dikeluarkan pada 7 Februari 2020.

Pastor Letkol Yos Bintoro (Vikjen Keuskupan TNI Polri) pada 14 Februari yang lalu berkenan untuk melantik dan mengukuhkan para imam di Gereja Kristus Raja PMPP TNI, Sentul bersamaan dengan dirayakannya Misa Hari Valentine yang digagas oleh RD Wahyu (Pastor Paroki PKKC) sekaligus pula mengenang 40 hari meninggalkan RD Agustinus Suyatno.

Tiga Imam Keuskupan Bogor diangkat Mgr Paskalis dan dikukuhkan oleh Mgr Ignatius Kardinal Suharyo sebagai pastor pelayan rohani bagi umat di lingkungan TNI Polri. (Foto : istimewa)

Pastor Yos dalam homilinya menjelaskan peran kehadiran pastoral bagi umat di lingkungan TNI Polri dengan menjaga sinergitas, komunikasi dan koordinasi yang baik dengan gereja teritori baik keuskupan maupun gereja setempat.

“OCI mendukung gereja teritorial untuk menjadi rekan dalam pembinaan rohani prajurit. Tidak bisa berdiri sendiri. Pelayanannya harus seiring dan seirama”, jelas pastor yang sekaligus anggota aktif TNI ini.

Anggota Brimob hadir dalam Misa di Gereja Kristus Raja dan menyambut gembira kehadiran para imam sebagai pelayan rohani bagi para prajurit. (Foto : istimewa)

Dua gereja di Keuskupan Bogor yaitu Paroki Ignatius Loyola – Semplak (AU) dan Paroki St. Thomas Mako Brimob Kelapadua merupakan gereja dengan warna yang khas (berada berintegrasi dengan satuan). Maka para imam di paroki tersebut memiliki tugas dan kewajiban untuk turut membina kerohanian para anggotanya. Jelas Romo Haruna (Vikjen Keuskupan Bogor) yang juga hadir dalam misa ini.

Tim Karya Pastoral dalam pertemuan di Wisma Samadi, 8-9 Februari 2020. (Foto: istimewa)

Keuskupan TNI Polri (OCI) juga menugaskan dan mengangkat salah satu pasbanmilpol Keuskupan Bogor, RD David, untuk turut serta dalam pelayanan lebih luas untuk seluruh Indonesia dan menjadi Tim Kebendaharaan dalam Tim Pelayan Pastoral TNI Polri yang dibentuk oleh Pastor Yos.

Selamat bertugas para pastor dari Keuskupan Bogor yang telah diangkat dan dikukuhkan sebagai pelayan rohani bagi umat di lingkungan TNI Polri. Semangat dalam membangun, membina dan merawat para prajurit.

(RD David)

One thought on “Mgr Paskalis Angkat Pastor Pelayan TNI Polri, Mgr Ignatius Kardinal Beri Surat Pengangkatan

  1. K. Bambang Trisakti D says:

    Terima kasih Tuhan melalui Bp Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo dan Romo Yon Bintoro yg telah menetapkan Ketiga Pastur kami Pastur Keuskupan Bogor sebagai PASBANMILPOL semoga setia dalam pelayanan umat dan dpt menjadi GARAM DAN TERANG DUNIA sebagai pemersatu bangsa.
    Dan juga selamat kpd ke-13 Pengurus OCI yg dilantik bersamaan dengan peristiwa yg sakral tersebut.
    SELAMAT DAN SUKSES.
    TUHAN MEMBERKATI.

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: