Mgr Paskalis Lantik 50 Prodiakon Baru Paroki St. Thomas dan 34 Prodiakon Kuasi Paroki Bunda Maria Ratu

Kelapadua – keuskupanbogor.org : Pelayan luar biasa dalam perayaan liturgi yang lazim disebut prodiakon ditugaskan untuk membantu para imam dalam pelayanan komuni. Mereka diangkat dan dilantik dalam masa jabatan kurang lebih tiga tahun.

Bapa Uskup Mgr Paskalis baru-baru ini melantik sejumlah diakon untuk Paroki Santo Thomas – Kelapadua dan Kuasi Paroki Bunda Maria Ratu- Sukatani. Mereka dicalonkan dari lingkungan, diwawancarai pastor paroki, dan dipersiapkan oleh tim pastores dalam sesi pembekalan.

Bertempat di Saung BMR yang menjadi salah satu tempat doa umat kuasi, Bapa Uskup Mgr Paskalis bersama Romo Dion melantik 34 prodiakon Kuasi Paroki BMR pada sabtu sore (22/2) dalam Perayaan Ekaristi.

Minggu (23/2) dalam Misa Pkl. 08.00 di Paroki Santo Thomas, Bapa Uskup Mgr Paskalis melantik 50 prodiakon Paroki St. Thomas didampingi Romo Dion dan Romo David.

Dalam homilinya saat Misa di Paroki St. Thomas, Bapa Uskup mengajak dan mengingatkan tugas para prodiakon untuk membawa kekudusan. “Bila lupa, para istri hendaknya mengingatkan mereka”, pesannya.

Mgr Paskalis saat melantik para prodiakon di Paroki St. Thomas Kelapadua. (Foto : RD David)

Rangkaian pelantikan prodiakon ini bertepatan juga dengan ulang tahun ke-6 rahmat tahbisan episkopal Bapa Uskup Mgr Paskalis. Dalam sambutannya, Romo Dion menyampaikan ucapan selamat atas nama seluruh umat dan terima kasih atas penggembalaannya yang penuh senyum kerahiman kepada seluruh umat.

Baik di Kuasi Paroki Bunda Maria Ratu maupun di Paroki St. Thomas, ungkapan bahagia atas rahmat yang diterima Bapa Uskup maupun para prodiakon baru dirayakan dalam ramah tamah penuh kesederhanaan.

Dalam sambutannya, Bapa Uskup selain mengucapkan terima kasih, beliau pun mengajak seluruh umat untuk menciptakan gereja sinodal yaitu gereja yang berjalan bersama antara umat dan gembalanya dalam sukacita injili (pesan Sinode II Keuskupan Bogor).

“Mari kita berjalan bersama penuh sukacita dalam persaudaraan”, pesan Bapa Uskup kepada seluruh umat dengan penuh semangat.

Selamat atas hut tahbisan episkopal kepada Bapa Uskup, Mgr Paskalis. Selamat menjalankan tugas pelayanan kepada para prodiakon. Tuhan memberkati.

(RD David)

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: