Mgr Paskalis Perkenalkan Road Map II Keuskupan Bogor 2020 – 2030

Cisarua – keuskupanbogor.org : Sinode II Keuskupan Bogor telah sukses dilaksanakan pada bulan Desember 2019 yang lalu. Sinode sebagai sebuah gerak langkah bersama imam dan awam beserta seluruh perangkat gereja telah menghembuskan semangat baru dalam reksa pastoral Keuskupan Bogor.

Mgr Paskalis dalam Temu Imam di Villa Erema, Cisarua (selasa, 28/1) memperkenalkan kepada seluruh imam panduan pastoral yang disebut sebagai Road Map II Keuskupan Bogor. Panduan ini merupakan buah refleksi Bapa Uskup dengan acuan pada dinamika keuskupan, Road Map I dan hasil Sinode II Keuskupan Bogor.

Mgr Paskalis mengajak para imam dan seluruh perangkat gereja untuk melaksanakan panduan ini dengan tentunya dilengkapi dengan evaluasi dan monitoring yang berkesinambungan.

Anton Sulis mempresentasikan Road Map II Keuskupan Bogor dalam Temu Imam di Villa Erema, Cisarua (selasa – rabu, 28-29 Januari 2020). (Foto : RD David)

Anton Sulis diminta oleh Bapa Uskup mempresentasikan isian dari buku panduan ini. Ia sampaikan bahwa panduan ini bukan untuk diperdebatkan mengingat ada beberapa hal yang dirasa kurang pas misal dalam pemilihan kata (tata bahasa).

Mgr Paskalis memberikan arahan bahwa panduan ini akan dicetak dan didistribusikan bagi paroki-paroki, biara, dan elemen-elemen gereja yang terkait.

Bapa Uskup Mgr Paskalis bersama para imam dalam Temu Imam di Villa Erema, Cisarua, 28 – 29 Januari 2020. (Foto : RD David)

Panduan dalam Road Map II memberikan perhatian lebih pada pastoral ekologis. Visi Road Map II Keuskupan Bogor dirumuskan demikian “Menjadi Communio dari aneka komunitas basis yang beriman mendalam, solider (peduli), dialogal, memasyarakat, cinta alam dan misioner”.

Romo Haruna (Vikjen) menyampaikan keistimewaan Road Map II ini yaitu bahwa buah-buah refleksi yang digumuli dan akhirnya dirumuskan berasal dari umat melalui sinode kemarin.

Kita nantikan panduan ini sampai hingga ke tingkat paroki dan umat. Kita sukseskan bersama reksa pastoral Keuskupan Bogor ini sebagai sebuah gerak bersama dalam sukacita.

(RD David)

One thought on “Mgr Paskalis Perkenalkan Road Map II Keuskupan Bogor 2020 – 2030

  1. Maria Mediatrix Mali says:

    Trimakasih Bapak Uskup..Romo Vickjen dan team perumus hasil sinode dan tim Roadmap….atas kerja timnya sehingga ada Roadmap yg berisi secara jelas paparan rencana pelaksanaan kegiatan …penanggung jawabnya…dukungan untuk perkembangan..serta anggaran yg perlu dipersiapkan dan direncanakan utk setiap kegiatan dan indikator tercapainya…dll. sehingga apa yg sdh disampaikan pada Synode bisa dijabarkan pelaksanaannya sehingga mudah mudahan berkelanjutan sampai kita melihat perubahan dimasa datang terutama tercapainya minimal 70% visi Keuskupan…menjadi Communio…beriman mendalam..peduli…dialogal…memasyarakat..cinta alam..misioner…amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.