Mgr Suharyo : Keluarga Jalan Menuju Kekudusan, Misa Jumat Pertama Mabesad

Jakarta – keuskupanbogor.org : Hidup berkeluarga adalah jalan menuju kepenuhan kasih dan kekudusan. Demikian pesan utama Mgr Ignatius Suharyo dalam misa jumat pertama (01/03/2019) di Mabesad. “Kita semua dipanggil untuk bertumbuh di dalam kasih dan kekudusan. Berangkat dari jalan kekudusan dalam hidup keluarga, maka bisa direnungkan pula dalam profesi. Bila anda menjadi angota TNI maka sucinya itu ada dalam bentuk apa? ” tanya beliau. Sukacita merupakan salah satu indikator dalam penghayatan panggilan, baik dalam pangggilan hidup berkeluarga maupun dalam profesi. “Maka bila anda tidak bersukacita dalam keluarga maupun sebagai TNI jangan-jangan jalan anda salah”, jelas Bapa Uskup. “Tuhan anugerahkan rahmat agar kita mampu menapaki jalan menuju kesucian melalui sakramen, baik sakramen perkawinan, sakramen tahbisan maupun ekaristi”, tambahnya.

Mgr Suharyo bersama jajaran TNI dan para romo lainnya sebelum misa bercengkrama bersama di ruang tunggu. (Foto : RD David)

Misa di lingkungan Mabesad merupakan sebuah kebahagiaan karena setelah sekian lama akhirnya dapat dilangsungkan Misa oleh Mgr Suharyo (Uskup Keuskupan Agung Jakarta dan Uskup Keuskupan TNI POLRI). Letkol Caj Gaudensia Diana menyampaikan bahwa terakhir dilangsungkan Misa di Mabesad tahun 2002. Misa ini menjadi meriah karena dirayakan secara konselebrasi bersama Romo Letkol Sus Yoseph M.M Bintoro S.Fil, M.Sc (Kasubag Rohkat Pusbintal sekaligus Vikjen Keuskupan TNI POLRI), Romo Rofinus Neto Wuli M.Si (Han) (Pasbanmilpol) dan Romo David Lerebulan M.Han (Pastor Vikaris St Thomas Kelapa Dua). Hadir dalam misa ini segenap anggota TNI AD Garnisun Jakarta, PNS dan umat umum.  

Misa jumat pertama dirayakan secara konselebrasi di Aula Nasution, Mabesad (01/03/2019). (Foto : RD David)

Bukan hanya umat katolik yang hadir dalam Ekaristi Jumat Pertama ini. Rekan-rekan seiman dari umat Protestan pun ikut serta dalam perayaan ini. Mereka ikut berdoa dan bernyanyi bersama. 

Kol CKU Misdin Sinarmata (Paban VI Lagar Srenad) memberikan sambutannya sebagai perwakilan tuan rumah. “Kehadiran Bapa Uskup merupakan sebuah anugerah yang luar biasa”, jelas beliau. Persiapan yang matang dilakukan oleh panitia. Hal ini terlihat dari dekorasi ruangan yang ditampilkan : spanduk bertuliskan “Misa Jumat Pertama Umat Katolik TNI AD Se Garnisun Jakarta bersama Bapak Uskup TNI POLRI Mgr Ignatius Suharyo”, taman penghias altar dan liturgi yang disiapkan dengan apik. Usai misa, foto bersama dan ramah tamah melengkapi sukacita perjumpaan hari ini. Mgr Suharyo pun tak lupa menyampaikan rasa bangganya bahwa TNI menjadi institusi No.1 yang dipercaya masyarakat umum berdasarkan berita di Tempo. “Saya bangga pada anda semua. Tetap jaga kepercayaan ini”, pesan beliau kepada segenap anggota TNI.

Penulis : RD David

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.