Mgr Suharyo, Semakin Merdeka Semakin Arif : Misa HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Keuskupan TNI POLRI

Jakarta – keuskupanbogor.org : “Setiap kali saya memimpin Ekaristi untuk tanah air selalu ada perasaan istimewa,” demikian tutur Mgr Suharyo mengawali homilinya dalam Misa syukur HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Gereja Katedral Keuskupan Agung Jakarta (Senin, 19/08). Misa yang dihadiri oleh segenap anggota TNI POLRI, PNS, purnawirawan dan warakawuri ini berlangsung dengan khidmat pada pukul 10.00.

“Kemerdekaan adalah gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur. HUT Kemerdekaan menjadi sarana introspeksi keterlibatan kita dalam kemajuan bangsa,” tambah Uskup Keuskupan Agung Jakarta sekaligus Uskup TNI POLRI ini.

Perarakan awal Misa Syukur HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Gereja Katedral Jakarta (Senin, 19/08). (Foto : istimewa)

Dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas, Mgr Suharyo mengingatkan tantangan yang dihadapi yaitu perpecahan atau yang dikenal dengan politik identitas dan penyakit sosial ketidakpedulian. “Persatuan menjadi kunci utama membangun bangsa,” paparnya. “Orang yang tidak terdidik yang dikuasi nafsu membuat orang tidak arif,” tegasnya.

Mgr Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta dan Uskup Keuskupan TNI POLRI bersama panitia penyelenggara Misa HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dari POLRI. (Foto :Padro)

Mgr Suharyo juga menyatakan bahwa Indonesia memiliki kearifan lokal yang menjadi bekal utama dalam membangun SDM unggul, dan kearifan adalah hal yang membuat bangsa sejahtera. “Kita menjadi berhikmat bila peduli pada orang lain. Kearifan lokal membuat kita bertumbuh dalam kesadaran dan kearifan,” ujar Mgr. Suharyo.

Romo Letkol Yos Bintoro (Wakil Uskup Keuskupan TNI POLRI) memberikan komuni dalam Misa HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke -74 di Katedral Jakarta.

Misa yang diawali dengan perarakan bendera merah putih sambil menyanyikan lagu “Indonesia Pusaka” dan “Satu Nusa Satu Bangsa” ini mampu memompa semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Suasana ini semakin memuncak terlebih ketika Mgr Suharyo mengajak semua umat bernyanyi lagu “Rayuan Pulau Kelapa” sebelum menutup Misa dengan Berkat Pengutusan

Kombes Pol R Djarot Padakova, Ketua Panitia Misa HUT Kemerdekaan RI ke-74 berfoto bersama Bapa Uskup Mgr Suharyo. (Foto : RD David)

Kombes Pol R Djarod Padakova selaku ketua panitia mengucapkan syukur dan terima kasih atas perayaan ini. “Perayaan ini menjadi penyemangat bagi kita semua sebagai pelopor dan pengamal Pancasila”, tuturnya.

Para pastor di lingkungan TNI POLRI pun turut serta dan menjadi konselebran. Paduan suara dari salah satu sekolah di Paroki St Yakobus Kelapa Gading mengisi kor untuk misa yang dikoordinir oleh POLRI ini. Pada akhir misa, Bapa Uskup bersama para romo menyalami segenap umat yang hadir.

(RD David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.