Panggilan Imam Ekologis : Rekoleksi Imam Jelang Pembaharuan Janji Imamat

Para imam ujung tombak sebagai penyebarluasan semangat ekologis dan membangun peradaban cinta. Imam ekologis berarti terlibat untuk menjadikan umatnya tidak semena-mena, serakah dan rakus dalam mengolah sumber kehidupan di bumi.

Sr Marisa CB

Bogor – keuskupanbogor.org : Jelang pembaharuan janji imamat dalam Misa Minyak yang akan dilangsungkan di Gereja BMV Katedral Pkl.10.00 (selasa,16/04/2019), sejumlah imam Keuskupan Bogor bersama Bapa Uskup Mgr Paskalis mengikuti kegiatan rekoleksi di Aula Pusat Pastoral Keuskupan Bogor (Senin, 15/04/2019). Dengan tema “Para Imam Pelaku Sinode Melakukan Pertobatan Ekologis”, Sr Marisa CB bersama tim PSE Bidang Ekologis Keuskupan Bogor mengajak para imam memiliki semangat iman yang menyelamatkan bumi.

Sr Marisa CB dan Tim Biro Ekologi PSE Keuskupan Bogor bersama Romo Ridwan (Ketua PSE Keuskupan Bogor – Baju Merah) dan Romo Driyanto. (Foto : RD David)

“Para imam ujung tombak sebagai penyebarluasan semangat ekologis dan membangun peradaban cinta. Imam ekologis berarti terlibat untuk menjadikan umatnya tidak semena-mena, serakah dan rakus dalam mengolah sumber kehidupan di bumi, tutur Suster Mariska CB. Beragam cara bisa dilakukan mulai dari animasi lewat kotbah, edukasi melalui pembinaan, pelatihan dan seminar-seminar, sinergitas melalui usaha berjejaring, menciptakan paroki dan sekolah ramah lingkungan dan yang paling utama dimulai dari diri sendiri. “Saya senang melihat romo-romo sekarang bawa botol minum. Saya mengajak para romo juga untuk memelihara kesehatan dengan menjaga pola makan serta menjauhi rokok. Pertobatan ekologis berarti kita peduli dengan hidup kita dan hidup orang lain”, lanjutnya.

Para imam berdiskusi dan sharing bersama terkait langkah konkrit menjalankan pertobatan ekologis dalam Rekoleksi Imam Jelang Misa Pembaharuan Janji Imamat besok di Katedral Bogor. (Foto : RD David)

Rekoleksi ini dilangsungkan sebanyak tiga sesi mulai dari Pkl.09.00 hingga Pkl. 19.00. Dalam sesi kedua yang kini sedang berlangsung, para romo diajak untuk diskusi kelompok untuk mensharingkan perilaku pertobatan ekologis yang dilakukannya. Rekoleksi ini dilengkapi pula dengan jadwal penerimaan Sakramen Rekonsiliasi bagi para imam seusai makan malam bersama. Mari kita dukung dan doakan agar para imam senantiasa memiliki spirit pertobatan ekologis dan terutama taat dan setia dalam imamatnya. Bagi umat yang ingin hadir dalam Misa Minyak dan Pembaharuan Janji Imamat Para Imam Keuskupan Bogor silakan hadir di Gereja BMV Katedral Bogor, selasa, 16 April 2019, Pkl. 10.00. (RD David)

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: