Paus Fransiskus Mengajak Umat Beriman untuk Berdoa Rosario di Bulan Oktober

Communiqué (pernyataan resmi) yang dirilis oleh Kantor Pers Tahta Suci Vatikan pada hari Sabtu (29/9) menyatakan bahwa Paus Fransiskus mengundang “umat beriman di seluruh dunia, untuk berdoa Rosario Suci setiap hari” sepanjang bulan Maria. Berikut ini adalah teks lengkapnya.

Undangan dari Paus Fransiskus

Bapa Suci telah memutuskan untuk mengundang semua orang beriman, dari seluruh dunia, untuk berdoa Rosario setiap hari, sepanjang bulan Maria di bulan Oktober, untuk kemudian bergabung dalam persekutuan dan pertobatan, sebagai umat Allah, dalam memohon kepada Bunda Allah dan Santo Mikael malaikat agung untuk melindungi Gereja dari Iblis, yang selalu berusaha untuk memisahkan kita dari Allah dan dari satu sama lain.

Baru-baru ini, sebelum keberangkatannya ke negara-negara Baltik, Bapa Suci bertemu dengan Pastor Fréderic Fornos SJ, direktur internasional dari World Network of Prayer for the Pope (Jaringan Doa Paus Sedunia), dan memintanya untuk menyebarkan imbauan ini kepada semua orang beriman di seluruh dunia, mengundang mereka untuk menutup pendarasan Doa Rosario dengan doa kuno Sub Tuum Præsidium, dan dengan doa kepada Santo Mikael malaikat agung agar ia melindungi dan membantu kita dalam perjuangan melawan kejahatan (bdk. Wahyu 12:7-12).

Doa tersebut – sebagaimana ditegaskan oleh Sri Paus beberapa hari lalu, pada tanggal 11 September, dalam homili di Santa Marta, mengutip dari pasal pertama Kitab Ayub – adalah senjata untuk melawan “si pendakwa besar” yang “berkeliaran di dunia untuk mendakwa”. Hanya doa yang dapat melawannya. Mistikus Rusia dan santo-santa besar dari seluruh tradisi menyarankan, dalam pergolakan spiritual, untuk berlindung di bawah naungan mantel Bunda Allah sambil mengucapkan doa Sub Tuum Præsidium.

Sub Tuum Præsidium

Doa Sub Tuum Præsidium dibacakan seperti ini:

Sub tuum præsidium confúgimus, sancta Dei Génetrix; nostras deprecatiónes ne despicias in necessitátibus; sed a periculis cunctis libera nos semper, Virgo gloriósa et benedicta.

[Santa Maria, Bunda Kristus, kami berlindung padamu. Janganlah mengabaikan doa kami, bila kami dirundung nestapa. Bebaskanlah kami selalu dari segala mara bahaya, ya Perawan mulia yang terpuji.]*

Dengan permohonan untuk perantaraan ini, Bapa Suci meminta umat beriman di seluruh dunia untuk berdoa agar Bunda Allah menempatkan Gereja di bawah naungan perlindungannya: untuk menjaganya dari serangan Iblis, pendakwa besar, dan pada saat yang sama untuk membuatnya lebih peka terhadap kekurangan, kesalahan, dan penyalahgunaan yang dilakukan di masa kini dan masa lalu, dan berkomitmen untuk melawannya tanpa ragu, sehingga kejahatan tidak dapat berkuasa.

Doa kepada Santo Mikael

Bapa Suci juga telah meminta bahwa pendarasan Doa Rosario selama bulan Oktober ditutup dengan doa yang disusun oleh Paus Leo XIII:

Sancte Michael Archangele, defende nos in proelio; contra nequitiam et insidias diaboli esto praesidium. Imperet illi Deus, supplices deprecamur: tuque, Princeps militiae caelestis, Satanam aliosque spiritus malignos, qui ad perditionem animarum pervagantur in mundo, divina virtute, in infernum detrude. Amen.

[Santo Mikael malaikat agung, belalah kami pada hari pertempuran. Jadilah pelindung kami melawan kejahatan dan jerat iblis. Dengan rendah hati kami mohon, kiranya Allah menghardiknya. Dan semoga Engkau, panglima laskar surgawi, dengan kuasa Allah mencampakkan ke dalam neraka, setan dan semua roh jahat lain, yang berkeliaran di dunia, hendak mencelakakan jiwa-jiwa. Amin.]**

(Diterjemahkan dari artikel Pope Francis Invites the Faithful to Pray the Rosary in October.)

*) Terjemahan doa Sub Tuum Præsidium diambil dari Kompendium Katekismus Gereja Katolik (2009)
**) Terjemahan doa kepada Santo Mikael diambil dari blog Lux Veritatis 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.