Pekik Suara Tokoh Lintas Agama Kota Depok “NKRI Harga Mati, Pancasila Abadi” – Buka Bersama FKKUKD

Depok – keuskupanbogor.org : Buka Puasa Bersama Ramadhan 1440 H yang digagas FKKUKD (Forum Komunikasi dan Kerja sama Umat Kristiani Kota Depok) di Ballroom Yudhistira, Hotel Santika – menghadirkan sejumlah kyai dan ulama Kota Depok bersama para tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, Pemuda Pancasila serta aparat TNI dan POLRI (Senin, 20/05/2019). Kompol Roni Wowor (Ketua Panitia Acara) dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai ajang yang perlu digalakkan secara rutin untuk meningkatkan solidaritas dan toleransi kemanusiaan.

KH Mohammad Abdul Mujib (Pengasuh Pondok Pesantren Assa’adah Cipayung – Depok) memberikan Tausiah perihal makna berpuasa dalam semangat hidup beriman dan berbangsa dalam acara Buka Puasa Bersama yang diinisiasi FKKUKD di Hotel Santika (Senin, 20/05/2019). (Foto : RD David)

Sambil menanti waktu berbuka, KH Mohammad Abdul Mujib (Pengasuh Pondok Pesantren Assa’adah Cipayung – Depok) memberikan Tausiah perihal makna berpuasa dalam semangat hidup beriman dan berbangsa.

“Kita bersyukur bahwa Indonesia itu beragam. Kita harus membangun kasih sayang dan persatuan, jangan ada kekerasan pada bangsa ini dengan tindakan dan ucapan yang akan memecah bangsa”, tuturnya.

Beliau menjelaskan makna puasa secara mendalam bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, namun terlebih menahan emosi, nafsu dan keserakahan. “Orang bila berpuasa tetapi mulutnya membenci, maka nilai puasanya tidak ada”, tegasnya sambil menuturkan ketidakinginan akan bangsa ini terpecah seperti negara-negara Timur Tengah (Suriah dan Yaman).

Para tokoh lintas agama, Kapolres Depok, perwakilan Kodim 0506 Pancoran, Pemuda Pancasila dalam Buka Bersama di Hotel Santika Depok. (Foto : RD David)

Lebih dari itu para tokoh lintas agama Kota Depok pun memberikan tiga pernyataan penting. Pertama, ungkapan terima kasih kepada semua elemen atas Pemilu yang telah berlangsung dengan jujur, adil, transparan, aman dan damai. Kedua, penolakan tegas ajakan gerakan People Power yang akan merusak keutuhan bangsa. Masyarakat diimbau untuk menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Ketiga, memberikan dukungan kepada TNI POLRI untuk menindak tegas pihak-pihak yang akan merusak keutuhan bangsa.

Kombes Pol Didik Sugiarto – Kapolres Depok mengajak warga Depok untuk menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI dalam acara Buka Bersama yang digagas FKKUKD di Hotel Santika, Depok (Senin,20/05/2019). (Foto:RD David)

“Ibadah puasa menjadi momentum untuk meningkatkan tali silaturahmi semua anak bangsa. Kita jaga persatuan dan keutuhan NKRI – merawat kebhinekaan dan merajut persaudaraan”, jelas Kombes Pol Didik Sugiarto yang juga hadir dalam acara ini. Beliau mengajak agar semua masyarakat khususnya warga Depok untuk membangun kesatuan bangsa dengan menjaga persaudaraan dan silaturahmi. Acara makan bersama pun menjadi penutup dari seluruh kegiatan ini.

RD David

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.