Menyatukan Perbedaan dan “Walking Together” di Sinode II St Thomas

Depok – keuskupanbogor.org: Menindaklanjuti pembukaan Sinode II Keuskupan Bogor di Parung, Jumat 22 Februari 2019, tim pastores dan segenap umat Paroki St Thomas, Kelapadua Depok menyatakan kesiapan yang selaras dengan menyelenggarakan pembukaan sinode di parokinya pada Minggu (24/2/2019) lalu.

Lagu Dengan Gembira (PS 330) dipilih sebagai lagu pembuka Perayaan Ekaristi, agar umat turut bergembira menyambut Sinode II ini. Perarakan pembukaan juga dimeriahkan oleh tarian dari 6 orang penari muda, menandakan bahwa sukacita kaum muda turut mendukung kegiatan bersama ini. Perarakan juga mengajak 8 orang perwakilan umat yang diwakilkan oleh DPP, DKP, OMK, WK, perwakilan wilayah, suster PRR dan kesatuan Brimob, dengan membawa bendera pataka. Para perwakilan menggunakan busana daerah yang menandakan Bhinneka Tunggal Ika, dan busana profesi Brimob sebagai bentuk hubungan baik dan dukungan kesatuan Brimob Kelapadua terhadap paroki St Thomas. Prosesi dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Keuskupan Bogor, yang dikumandangkan dengan semangat oleh seluruh umat dan kor OMK Wilayah 8.


Pastor Paroki St Thomas RD Dionysius Adi Tejo memukul gong sebagai tanda dibukanya Sinode II Keuskupan Bogor.

Perayaan Ekaristi pembukaan sinode ini dirayakan secara konselebrasi oleh Pastor Paroki RD Dionysius Adi Tejo Saputra, dan 3 orang Pastor Vikaris, yakni RD David Lerebulan, RD Agustinus Wimbodo, dan RD Tarcisius Puryatno

Dalam homilinya, Pastor Dion mengatakan, tidaklah berarti jika kita berbuat baik kepada orang yang telah berbuat baik kepada kita, tetapi berbuatlah baik kepada semua orang termasuk musuhmu. Dengan semangat bacaan minggu ini (Luk 6: 27-38), Pastor Dion mengajak umat untuk merefleksikan perjalanan bersama dalam hidup beriman untuk bersyukur atas karya-karya agung Allah. Ia juga mengajak umat bersama-sama menyukseskan Sinode II ini. Menurutnya, biarlah perbedaan menjadi warna untuk saling mengisi dan terus mendukung satu dengan yang lain.

Prosesi Pembukaan Sinode II di Paroki St.Thomas dimulai dengan pembacaan Surat Pembukaan Sinode oleh pastor paroki, dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama untuk keikutsertaan umat dalam sinode tingkat paroki.

OMK St Thomas menyanyikan dan menarikan lagu tema Sinode II Keuskupan Bogor “Walking Together”.

Pemukulan gong sebanyak 3 kali oleh pastor Paroki dan bergemanya lagu tema sinode Walking Together diiringi tarian dari OMK St Thomas, menandai resminya pembukaan Sinode II Keuskupan Bogor di Paroki St Thomas.

Akhirnya, Pastor paroki mengucapkan terima kasih dan mohon dukungan dari seluruh umat St Thomas untuk turut menyukseskan Sinode II Keuskupan Bogor.

Acara dilanjutkan dengan perayaan pisah sambut Pastor Nanang yang akan berpindah tugas ke paroki St Matias Cinere, serta menyambut Pastor RD Tarcisius Puryatno dari Keuskupan Purwokerto yang akan bertugas di St Thomas. (Aureliarani/MEKAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.