Perintah Kasih

Renungan Harian
Senin, 20 Mei 2019
Hari Biasa Pekan Paskah V
HR St. Bernardinus dari Siena, St. Ivo
Bacaan : Kis 14:5-18, Yoh 14:21-26

Sikap taat menjalankan perintah adalah suatu karakter. Itu bisa kita latih sejak masa kanak-kanak. Anak-anak yang taat pada perintah orang tua tentu membuat orang tua senang. Atas sikap baik anak yang memegang perintah orang tua, biasanya membuat orang tua tidak segan-segannya untuk memberikan hadiah.

Sikap taat akan perintah memang harus ditanamkan sejak awal masa kanak-kanak atau awal masa kita bekerja. Yesus sendiri mengajar para muridNya tentang kesetiaan pada ajaran atau perintah-perintahNya. Bagi Yesus, jika para murid setia menjalankan ajaran atau perintahNya itu adalah tanda bahwa mereka mengasihiNya.

Berkat sakramen Baptis kita menjadi muridNya, yang tentu harus taat akan perintah untuk mengasihiNya lebih dari yang lain. Jadi, karakter mengasihiNya itu adalah perintah, bukan opsi pilihan kita. Kita sadari bahwa mentaati perintahNya itu tidak semudah yang kita bayangkan. Pasti ada aneka godaan atau tantangan. Namun, sebagai umat beriman kita percaya Tuhan pasti mengirimkan RohNya untuk mengajarkan segala hal yang berkaitan dengan ketaatan akan perintahNya. Jika kita sungguh mengasihi Yesus dan berusaha untuk taat melaksanakan perintah-Nya itu, Tuhan akan memberikan ganjaran kasih dan penyertaanNya.

Ya Yesus, ajarilah aku untuk mampu lebih taat melaksanakan perintah mengasihiMu. Amin
(Penulis : Antoni Purbi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.