Persiapan Iman

  • Senin 2 Desember 2019
  • Pekan Adven I
  • Bacaan I : Yes 2: 1-5
  • Bacaan Injil : Mat 8: 5-11

Tak jarang, dalam bersosialisasi, kita diundang untuk menghadiri pesta kerabat-kerabat kita. Ketika harus menghadiri kondangan tersebut, satu hal yang perlu kita perhatikan adalah penampilan yang sopan, rapi dan juga menarik untuk menghormati tuan pesta tersebut.

Kita telah memasuki Masa Adven yang merupakan masa penuh pengharapan dan penantian kedatangan Tuhan Kita Yesus Kristus. Adven juga dapat diartikan sebagai masa persiapan untuk menghadiri pesta perjamuan kudus Tuhan. Semua orang tentunya diundang untuk masuk ke dalam pesta perjamuan tersebut.

Oleh sebab itu, selama masa penantian hingga tiba saatnya Pesta Tuhan itu, kita perlu mempersiapkan diri dengan baik; hati dan pikiran serta tindakan kita. Persiapan ini kita lakukan untuk menanti kedatangan Tuhan. Seperti halnya Yesus bersabda kepada Perwira di Kapernaum yang memohon kesembuhan hambanya. Sabda Yesus: “Aku akan datang menyembuhkannya” (Mat 8:7).

Kedatangan Tuhan adalah hal yang pasti dalam kehidupan kita namun juga tak terduga. Karenanya, Iman yang teguh akan Sabda Tuhan merupakan kekuatan bagi kita untuk menyambut kedatangan-Nya yang tak terduga itu. Iman perwira tentara di Kapernaum merupakan contoh nyata bagi kita untuk senantiasa mengisi persiapan kedatangan Tuhan: bukan hanya secara fisik. Dalam keteguhan imannya, perwira itu berkata: “bersabdalah saja maka hambaku akan sembuh” (ay. 8).

Kedatangan Tuhan menjadi suatu hal yang sangat penting dalam hidup kita. Bukan soal waktu dan tempat perayaan dan pesta-pesta, melainkan iman yang membiarkan Tuhan sendiri datang dan mengunjungi kita umatnya. Fr. Albertus Aris Bangkit Sihotang

Tuhan Yesus Kristus, Penyelamat kami, datang dalam hidup kami dan sembuhkanlah kami sebagaimana Engkau ingin datang dan menyembuhkan seorang hamba di Kapernaum. Karena Engkaulah Tuhan kami. Amin

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: