Rangkul Para Tokoh Agama, Sertijab Komandan Brimob Kelapadua Sarat Nilai Toleransi dan Persatuan

Kelapadua – keuskupanbogor.org : Untuk pertama kalinya di kawasan Mako Brimob Kelapadua, serah terima jabatan Komandan Brimob (Dankor) berlangsung dengan merangkul seluruh tokoh agama (rabu, 21/9). Para tokoh agama ini tampil membawakan doa bagi bangsa, warga dan seluruh tokoh pemerintahan, TNI dan POLRI menurut iman dan agamanya.

Romo Dion (Pastor Paroki St Thomas) dan Ustadz Achmad Solechan Ketua Pengurus Cabang NU ke-6 dalam percakapan singkat sesaat sebelum acara doa dimulai dalam rangkaian sertijab Komandan Brimob di Kelapadua. (Foto : RD David)

Bertempat di lapangan Mako Korbrimob Polri, Kelapadua, serah terima pataka Korps Brimob Polri “Satya Sakti Yanottama” dari Irjen Pol Drs. Ilham Salahudin, SH., M.Hum kepada Irjen Pol Drs. Anang Revandoko berlangsung dengan amat meriah. Gelar budaya nusantara ditambah dengan gelar kekuatan Korps Brimob dan doa lintas agama menjadi sebuah kekuatan bangsa yang ditonjolkan dalam acara yang berlangsung selama dua jam ini.

Para tokoh agama sesaat sebelum rangkaian doa bersama dalam sertijab komandan Brimob. Rangkul para tokoh agama, Komandan Brimob Irjen Pol Drs Anang Revandoko mengajak para tokoh agama semakin kuat menyemaikan nilai-nilai kebangsaan. (Foto : RD David)

Para tokoh lintas agama bersama-sama bergandengan tangan, memanjatkan doa bagi bangsa ini, menguatkan tali persaudaraan dan persatuan di tengah situasi bangsa yang sedang alami tantangan kebhinnekaan. Dengan menaiki empat truk yang sudah disiapkan, para tokoh ini diarak masuk ke tengah lapangan dan memanjatkan doa bersama.

Dari atas truk para tokoh agama berdoa.

Penguatan nilai-nilai toleransi dan nilai-nilai kebangsaan menjadi sebuah kebutuhan mendesak dalam era menuju “Indonesia Emas”. Para tokoh agama menjadi rekan untuk bersinergi bersama TNI dan POLRI dalam menjaga keutuhan NKRI, mengamalkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam pesannya saat berkunjung ke Gereja Katolik Santo Thomas Mako Brimob beberapa pekan yang lalu, Irjen Pol Drs Anang Revandoko mengajak agar tempat ibadah (gereja) bukan hanya menjadi tempat persemaian iman tetapi juga tempat persemaian nilai-nilai kebangsaan.

Brimob untuk Indonesia akan semakin kuat bila sinergitas ini terjalin dalam seluruh lapisan.

RD David

6 thoughts on “Rangkul Para Tokoh Agama, Sertijab Komandan Brimob Kelapadua Sarat Nilai Toleransi dan Persatuan

  1. Lucia says:

    Mantab Mo .. semoga tali persaudaraan, toleransi, nilai-nilai kebangsaan semakin meningkat dan kedamaian selalu hadir di tanah air kita tercinta INDONESIA 🇮🇩. Amin 🙏

  2. Ign. Harry Respatyo says:

    Mengharukan dan mengesankan. Persaudaraan yang terbangun ini patut kita syukuri dan lestarikan. Semoga tidak berhenti pada level seremonial saja, tapi benar benar tertanam di hati. Bravo Romo Dion, Romo David dan Romo Tarsisius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.