Romo Dion “Semua Harus Sukacita”, Sinode Paroki Santo Thomas

Kelapadua – keuskupanbogor.org: Sedikitnya 400 umat dan 150 OMK Paroki Santo Thomas, sejak Pkl. 09.00 telah hadir di Gereja Paroki Santo Thomas untuk berperan aktif dalam kegiatan Sinode II Keuskupan Bogor, tingkat paroki (sabtu, 11/05/2019). Sinode yang dibuka pada Pkl. 10.00 ini dihadiri oleh Tim OC dan SC Sinode dari Keuskupan seperti Bpk. Anton Sulis (ketua SC), Bpk. Agus Muhardi (ketua OC), Sr. Margriete, OSU,  Romo Jeremias Uskono , Ibu Yanti, Fransiska Audi Priscilla, Mentari Putri Mulyawan, Regina Dorry,  Yoseph Aditio. Romo Haruna (Vikjen), Romo Untung (Ketua Komisi Pendidikan), Romo Habel dan Romo Monang hadir di pertengahan acara sinode. 

Dalam sambutannya, Romo Dion (Pastor Paroki) menekankan pentingnya semangat sukacita dalam jalannya sinode ini. “Dalam sinode kita diajak untuk sharing. Kita datang harus dengan sukacita maka pulang pun harus tetap sukacita”, tuturnya. Panitia internal paroki maupun Tim dari keuskupan pun kembali menekankan fokus utama sinode sebagai sebuah perjumpaan, menyamakan langkah dalam membangun kehidupan bersama di dalam Yesus. (bdk. Perjalanan  dua murid ke Emaus bersama Yesus). Sepanjang jalannya sinode yang ditutup dengan Perayaan Ekaristi (Pkl.18.00), baik sinode umat umum maupun OMK, mayoritas umat masih bertahan dalam kegiatan ini. Sinode menandakan sebuah kesadaran bersama  bahwa  dinamika pertumbuhan langkah iman gereja memerlukan  penyegaran dan penajaman dalam semangat injili dan komunio. 

Lima tema yang diangkat sebagai materi sharing (Keluarga, Pendidikan, Lingkungan Hidup, OMK, dan Sosial Kemasyarakatan), dikemas oleh tim sinode keuskupan. Setiap sharing selalu diawali dengan kesadaran sukacita seperti yang muncul dalam salah satu pertanyaan eksplorasi “Apa sukacita Anda di dalam keluarga? ”. Tim Sinode Keuskupan Bogor pun menjadi fasilitator jalannya sinode dengan baik. Panitia internal paroki mengadakan doorprize bagi penari tersemangat dan stand up comedy untuk mempertahankan semangat dan sukacita sinode. Keberadaan dekorasi bertemakan taman dan Brimob menjadi salah satu penegas identitas gereja ini. Taman indah ini pun tak luput dari serbuan umat untuk berfoto bersama. Salam semangat sinode. Usai sinode tingkat paroki, selanjutnya masih ada sinode tingkat dekenat dan memuncak dalam sinode tingkat keuskupan yang akan berlangsung pada akhir tahun 2019 ini. (RD David)

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: