Romo Monang Ajak Paroki Update Data MSI SIFORMAT

Caringin – keuskupanbogor.org : MSI SIFORMAT (Sistem Informasi Umat) yang dimiliki Keuskupan Bogor membantu gereja Keuskupan Bogor dalam merumuskan pastoral berbasis data.

Masih dalam rangkaian Sinode II Keuskupan Bogor, peserta sinode mendapatkan pencerahan dan edukasi terkait data base umat yang dihimpun oleh Tim MSI Keuskupan Bogor.

Bapak Melling Situmorang memberikan gambaran data umat dalam MSI Siformat Keuskupan Bogor. (Foto : Tim Dokpub)

Romo Monang, Bapak Melling Situmorang, Bapak Felix Bayu dan Romo Haruna memaparkan data-data umat yang dihimpun keuskupan selama ini. Analisa data dan angka ini mencerminkan segala potensi dengan segala tantangannya yang ada di wilayah Keuskupan Bogor.

Dengan penuh antusias, para peserta sinode menyimak penjelasan dari seluruh narasumber. Ada sebuah perbedaan yang mencolok antara data yang dihimpun Siformat dengan data yang didapat dari lembaga pemerintahan (BPS).

“Paroki Sukasari banyak lansianya. Sementara itu Paroki Kota Wisata banyak keluarga muda dan anak-anaknya”, ungkap Meilling sembari memberikan pandangan strategi pastoral yang pas bagi paroki-paroki berdasarkan informasi data base ini.

Dalam penjelasan data umat ini, pada sisi lainnya, Felix Bayu menggambarkan data umat hingga kondisi ekologis yang bisa digunakan sebagai indeks kualitas ekologis yang terjadi di wilayah keuskupan.

“Saya berterima kasih kepada paroki-paroki yang sudah berjuang membenahi data umatnya”, ucap Romo Monang. “Perbedaan database antara Siformat terjadi salah satunya karena data tidak terupdate dan umat yang tidak terdaftar”, jelas sekretaris Keuskupan Bogor ini.

Felix Bayu memaparkan analisa data berdasarkan sumber BPS dalam konteks membaca situasi umat, sosial dan ekologis. (Foto : Tim Pubdok)

“Betapa pentingnya KK Katolik. Nanti masuk surga ditanya KK nya”, ujar Romo Haruna memberikan penegasan kepada umat sembari disisipi candanya. Tawa umat pun memecah suasana aula BSK, Kinasih Resort.

Analisa data dan angka ini sangat membantu gereja untuk menentukan reksa pastoral berbasis data. Database ini menggambarkan potensi dan tantangan yang ada di sepanjang wilayah karya Keuskupan Bogor. Sudahkah anda memiliki Kartu Keluarga Katolik?

(RD David)

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: