Semangat Bersaksi

Renungan Harian 
Senin, 27 Mei 2019
Hari Biasa Pekan Paskah VI
HR St. Agustinus Canterbury, St. Yulius
Bacaan : Kis 16:11-15, Yoh 15:26-16:4a

Orang tua seringkali mengingatkan anak-anak, jika akan pergi bermain, ke sekolah atau ke mana saja. Peringatan itu supaya anak berhati-hati, waspada dan mengantisipasi jika ada hal-hal yang akan terjadi terhadapnya.

Dari Injil hari ini kita baca Yesus memperingatkan para muridNya agar punya sikap berhati-hati, waspada jika kelak akan ditinggal Yesus. Yesus menyatakan bahwa sepeninggal-Nya, kelak mereka akan mengalami masa sulit, banyak tantangan dan cobaan, bahkan akan dibunuh demi kesaksian imannya. Yesus tidak membiarkan mereka, tetapi berjanji akan memberikan pendampingan lewat RohNya.

Tantangan hidup beriman hingga sekarang masih terjadi. Ada sikap-sikap perbuatan intoleransi yang dilakukan oleh orang-orang mengaku beragama. Para pelaku intoleransi merasa bangga dengan tindakannya dan menganggap tindakannya itu sebagai bentuk baktinya bagi Allah. Mereka beranggapan bahwa semakin bertindak intoleransi semakin mendapat pahala sorga.

Kita hidup di tengah-tengah pluralitas. Sebagai umat beriman, kita harus berani memberi kesaksian iman yang benar. Kita percaya bahwa dengan bantuan Roh Kudus, kita akan mampu berani dalam mewartakan Yesus. 

Ya Yesus, berilah aku keberanian menjadi saksi iman akan Dikau. Amin.
(Antoni Purbi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.