Sukacita OMK St Matias Plus Orang Muda Lintas Agama Bagikan Takjil Buka Puasa

Cinere-keuskupanbogor.org: Bulan puasa adalah waktu yang spesial dan ditunggu-tunggu bagi saudara – saudari kita umat Islam yang menjalankan ibadah puasa. Rupanya hal ini jugalah yang ditunggu-tunggu oleh rekan-rekan Orang Muda Katolik (OMK) St Matias Cinere yang ingin memberikan sesuatu yang spesial juga bagi saudara-saudari umat Islam.

Tahun 2019 ini adalah tahun ketiga untuk OMK St. Matias Cinere dalam berkegiatan memberikan takjil. Menariknya, kegiatan ini dilaksanakan bukan hanya dari OMK saja, tapi bekerja sama dengan pemuda Hindu dari Pura Amerta Jati Cinere, pemuda BANSER, dan komunitas Pemuda Cinere. Pada saat pelaksanaan, para pemuda lintas komunitas keagamaan ini nampak antusias dalam memberikan takjil.

OMK St Matias bekerja sama dengan para pemuda lintas komunitas dan agama untuk berbagi takjil di Cinere.

Tak disangka, kegiatan yang dilakukan secara mendadak atau tanpa pikir panjang ini bisa menghasilkan sesuatu yang menyenangkan. Menurut penuturan rekan-rekan OMK, mungkin kegiatan ini bisa menjadi bahan pertimbangan kita teman-teman muda lain dalam hal berbagi ataupun berbuat baik kepada sesama.

Mereka berpendapat bahwa terkadang ketika kita terlalu berpikir keras tentang apa yang akan dilakukan untuk sesama; besar atau kecilnya, baik atau tidaknya, pantas dan tidak pantasnya, bisa-bisa malah kita tidak jadi melakukan apa-apa karena terlalu banyak pertimbangan. Dengan persiapan hanya sekitar seminggu, tim gabungan pemuda ini justru dapat memaksimalkan potensi dan peluang membangun persaudaraan lintas agama dan komunitas.

Di antara mereka sendiri, banyak yang tidak menyangka bahwa respons dari teman-teman muda lintas agama dan komunitas ini begitu positif. Mereka mengumpulkan dana untuk pembagian takjil dengan sistem patungan secara sukarela. Dana yang terkumpul tersebut digunakan untuk membuat takjil, yaitu cendol. Cendol yang dibuat berjumlah sekitar 150 gelas. Pembagian takjil ini dilakukan di Jalan Cinere Raya, tepatnya di depan Informa. Aksi ini cukup mengundang perhatian para pengguna jalan yang melintas pada hari Sabtu (18/5) lalu.

Romo Nanang dan perwakilan DPP St Matias Cinere bersama para pemuka Masjid Imam Bonjol.

Keesokan harinya, Minggu (19/5), Pastor Vikaris Paroki St Matias RD Agustinus Wimbodo (Romo Nanang), bersama dengan beberapa perwakilan DPP juga memenuhi undangan berbuka puasa bersama di Masjid Imam Bonjol yang letaknya tidak jauh dari lokasi Gereja St. Matias. Dalam kesempatan tersebut, jalinan persaudaraan dan persahabatan antara dua institusi keagamaan terbesar dalam kompleks Angkatan Laut Pangkalan Jati Cinere amat sangat terlihat. Rombongan diterima dengan begitu hangat. Tradisi saling mengunjungi ini memang sudah rutin berjalan dari tahun ke tahun.

Hal ini kiranya sangat tepat untuk menjalankan apa yang diamanatkan dalam bacaan Injil dalam Pekan Paskah ke-5, yakni perintah untuk saling mengasihi. Dengan aksi yang mereka lakukan, orang-orang akan tahu bahwa murid-murid Kristus dari Cinere ini pun sudah dan akan terus menjalankan amanat kasih ini. (Hon, Bay, Jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.