Tahbisan Diakon di Paroki SMTB Rangkasbitung Tinggalkan Kesan Mendalam

Rangkas-Keuskupan : Empat frater menerima anugerah sakramen tahbisan diakon di Paroki Santa Maria Tak Bernoda, Rangkasbitung. Mereka adalah Fr. Agustinus Wimbodo (Tugas Pastoral di Paroki Santo Thomas, Kelapa Dua), Frater Paulus Pera (Tugas Pastoral di Paroki Santo Andreas Sukaraja), Frater Andreas Arie (Tugas Pastoral di Paroki Santa Maria Tak Bernoda, Rangkasbitung) dan Frater Dionnysius Y. Manopo (Tugas Pastoral di Seminari Menengah Stella Maris, Bogor). Perayaan Ekaristi penerimaan Sakramen Tahbisan Diakonat ini dipimpin oleh Mgr. Paskalis (selebran) , Romo Nikasius Jatmiko serta Romo Andreas B (konselebran) serta sejumlah imam-imam diosesan Keuskupan Bogor.

Frater Diakon Dion menerima Kitab Suci dari Mgr. Paskalis Bruno Syukur,OFM

Dalam homilinya, Bapa Uskup Mgr. Paskalis mengajak seluruh umat pertama-tama untuk mengheningkan cipta, beroda bagi para korban kekerasan kemanusiaan yang tengah terjadi pada beberapa hari belakangan ini (kasus terorisme di Indonesia). Bagi para frater yang terpilih menjadi diakon Bapa Uskup menegaskan peran utama seorang diakon yaitu menjadi pelayan. Jiwa melayani hendaknya menjadi identitas utama para diakon.
Perayaan tahbisan diakon di Paroki Santa Maria Tak Bernoda, Rangkasbitung ini merupakan sebuah anugerah yang luar biasa bukan hanya bagi para frater tertahbis tetapi juga bagi umat Paroki Santa Maria Tak Bernoda. Ini merupakan sebuah prestasi karena Paroki ini untuk pertama kalinya dipercaya untuk menjadi panitia dan tuan rumah tahbisan.
Tampak dalam pengamanan tahbisan ini, aparat keamanan brsinergi bersama antara TNI dan POLRI. Salah satu hal yang unik dalam tahbisan kali ini adalah letak pastoran dan gereja yang berseberangan dibelah oleh jalan raya utama (Jalan Multatuli). Untuk menuju Gereja, rombongan perarakan liturgi yang berawal dari pastoran membelah jalan utama yang saat itu sedang padat lalu lintasnya.
Peristiwa rahmat tahbisan diakon ini dilengkapi dengan acara ramah tamah yang di area pastoran Gereja Santa Perawan Maria Tak Bernoda. Romo Andre (Pastor Paroki) mengungkapkan ucapan terima kasihnya kepada Bapa Uskup atas kepercayaan ini dan juga kepada seluruh umat paroki yang telah sukses untuk menjadi panitia penyelenggaraan tahbisan ini.
Selamat kepada para frater diakon tertahbis dan semoga menjadi pelayan umat yang baik. (KOMSOS/RD David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.