Tahbisan Presbiterat Keuskupan Bogor

Bogor-Keuskupan : Keuskupan Bogor merayakan kabar sukacita karena Rabu, 22 Februari 2017 di Gereja St. Fransiskus Asisi, Sukasari diselenggarakan Tahbisan Presbiterat. Empat Diakon tertahbis yakni Diakon Agustinus Hardono, Diakon Gregorius Agus Edi Cahyono, Diakon Jeremias Uskono, Diakon Paulus Pieter. Misa Konselebrasi yang dipimpin langsung oleh Mgr. Paskalis Bruno Syukur, RD Nikasius Jatmiko, RD Adi Indiantono, serta diikuti oleh seluruh Imam Unio Keuskupan Bogor.

“Berbahagialah karena mereka manusia biasa tetapi rahmat Tuhan mengalir sedemikan rupa sehingga mereka tampil dihadapan kita sekalian, menegaskan bahwa Tuhan terus menerus mengajak menarik hidup bahkan Tuhan memberikan kepercayaannya kepada mereka yang tertahbis Kita patut berbangga akan Yesus Kristus,” Ungkap Mgr. Paskalis dalam homilinya. Para Imam yang tertahbis ditugaskan menggembalakan kawanan domba dari Allah, milik Allah. Membawa selamat kepada seluruh umat seperti Yesus Sang Juru Selamat. Jangan ada kata “Terpaksa” dengan sukarela hadiah dari Tuhan dalam tugas sebagai seorang Imam. Dalam peristiwa ini, mereka akan diangkat menjadi orang teristimewa meneruskan karya -karya Tuhan. Berani mengorbankan keinginan duniawi demi melayani sakramen. Bukan karena keistimewaan kita tetapi karunia dari Tuhan kepada orang-orang khusus ini.

RD Agustinus Hardono ditugaskan menjadi Pastor Vikaris di Paroki Sukabumi RD Paulus Pieter ditugaskan menjadi Pastor Vikaris Katedral Bogor dan Pastor Mahasiswa. RD Gregorius Edi tidak dipindahtugaskan tetapi membantu tugas di Komisi PSE dan Komisi KOMSOS. RD Jeremias Uskono tetap ditugaskan di Seminari Menengah Stella Maris.

Setelah upacara pentahbisan presbiterat, acara dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan hiburan di Aula Michael, Gereja St. Fransiskus Asisi, Sukasari. Disela-sela acara, umat semua yang hadir juga merayakan ulang tahun Tahbisan Episkopat ke-3 Mgr. Paskalis Bruno Syukur.

Proviciat kepada RD. Agustinus Hardono, RD. Paulus Pieter, RD Gregorius Edi, RD Jeremias Uskono. Semoga setia selalu dalam pelayanannya…….Amin….. (KKB)

Tahbisan Presbiterat Keuskupan Bogor

Tahbisan Presbiterat Keuskupan Bogor

Menjadi Gambar Kristus yang Nyata

tahbisan1

Keuskupan – Komsos: Ratusan umat dan para Pastor di Keuskupan Bogor menghadiri Tahbisan Presbiterat di Gereja Santo Joseph Sukabumi, Selasa (29/9). Tahbisan yang bertepatan dengan Pesta Malaikat Agung Mikael, Gabriel dan Rafael ini dipimpin langsung oleh Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur didampingi oleh RD. Ch Tri Harsono selaku Vikjen Keuskupan Bogor, RD. Nikasius Jatmiko selaku Rektor Seminari Tinggi St. Petrus dan Paulus Keuskupan Bogor, RP. Yohanes Indrakusuma CSE selaku Pemimpin Umum Tarekat CSE dan RD. Jimmy Rampengan selaku Pastor Paaroki St. Joseph Sukabumi. 2 Diakon Diosesan Keuskupan Bogor dan 2 Diakon tarekat CSE yang ditahbiskan menjadi Pastor hari ini adalah Diakon Marselinus Wisnu Wardana, Diakon Bonifasius Heribertus Beke, Diakon Alvares Maria CSE, dan Diakon Hieronymus a Spiritu Sancto CSE. Bapa Uskup berharap agar para imam tertahbis dapat menjadi citra Allah yang sejati. “Saya berharap para imam khususnya Anda sekalian yang ditahbiskan pada hari ini dapat menjadi in persona Christi yaitu gambar Kristus yang nyata baik dikalangan umat maupun masyarakat,” tukasnya.

tahbisan3Dalam homilinya Mgr. Paskalis menjelaskan mengenai 3 tugas utama para imam yaitu menyebarkan Injil atau kabar gembira, menggembalakan umat, dan merayakan peribadatan Ilahi yaitu sakramen-sakramen dalam Gereja Katolik. Bapa Uskup juga mengajak para imam serta segenap umat yang hadir untuk menanggapi ajakan Paus Fransiskus. “Mari kita menampilkan potret Kristus yang bersukacita seperti yang dituturkan dalam ensiklik Paus Fransiskus yang pertama Evangelii Gaudium (Sukacita Injil). Kita semua juga diajak untuk menjadi umat yang berbelas kasih karena Allah pun demikian, oleh karena itu Bapa Suci secara khusus mulai 8 Desember 2015 memulai tahun belas kasih atau Kerahiman Ilahi. Kemudian dalam ensikliknya yang terakhir Laudato Si kita diajak untuk mencintai semesta alam yang menjadi sahabat kita juga dalam perziarahan hidup di dunia ini.”

tahbisan2Diakhir perayaan Bapa Uskup dan RP. Yohanes Indrakusuma mengumumkan tugas baru dari para Pastor tertahbis. RD. Marselinus Wisnu Wardhana menjadi Asisten Manager di PT. Grafika Mardi Yuana milik Keuskupan Bogor dan Vikaris Paroki BMV Katedral Bogor, RD. Bonifasius Heribertus Beke menjadi Vikaris Paroki St. Joseph Sukabumi, RP. Alvares Maria CSE akan ditempatkan di Lembah Karmel Cikanyere, dan RP. Hieronymus a Spiritu Sancto CSE akan ditempatkan di Seminari Tinggi milik CSE di Kalimantan. Proficiat Keuskupan Bogor!

(Aloisius Johnsis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.