Temu PSE Regio Jawa Sasar Kewirausahaan OMK

Surabaya – keuskupanbogor.org : Pada 19-21 Februari 2019 yang lalu telah dilangsungkan pertemuan Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Se-Regio Jawa di Conference Center LKD, Keuskupan Surabaya. Semua keuskupan di Regio Jawa menghadirkan utusan pesertanya. RD Gregorius Agus Edi Cahyono, beserta dua orang tim, Robertus Aris Suwartono, dan Dewi Andayani hadir mewakili Keuskupan Bogor.

Pertemuan Komisi PSE Regio Jawa di Keuskupan Surabaya (19-21 Februari 2019). (Foto : Istimewa)

Selama tiga hari, pertemuan ini menitikberatkan perihal peningkatan kapasitas penggerak PSE khususnya bagi orang muda yang diajak untuk berwirausaha. Berbagai pembicara dihadirkan memberikan paparan perihal kewirausahaan. Harapannya dengan modul yang disajikan dapat menjadi contoh yang mungkin dapat diaplikasikan di masing-masing keuskupan. Bukan hanya memberikan modul pelatihan kewirausahaan (8 modul), dalam pertemuan ini pula ditampilkan contoh kegigihan upaya kewirausahaan yang sampai pada titik keberhasilan.

Salah satu narasumber dalam pertemuan Komisi PSE Regio Jawa

Narasumber dalam pertemuan ini di antaranya : Yan Christianto, SE, M.Ak, Veronika Rahmawati, SE, M.Si, Dr. Diyah Tulipa, SE, MM dan Andy Pratama Sulistyo, S.M. Masing-masing narasumber memberikan pelatihan dan paparan modul berdasarkan bidang dan kemampuannya mulai dari membangun karakter wirausaha, jiwa kepemimpinan, pemilihan bidang bisnis, pasar dan targetnya, sampai dengan kalkukasi produksi, potensi bisnis dan resiko-resiko bisnis.

Hari ketiga dilangsungkan Focus Group Discussion (FGD) untuk mempertajam arah gerakan PSE di setiap keuskupan dengan segala dinamikanya. Dari hasil akhir diskusi kelompok akhirnya disimpulkan bahwa PSE Regio Jawa akan mengadakan finalisasi dari pertemuan ini dan ada tiga hal yang perlu ditambahkan yaitu berkaitan dengan spiritualitas, pengertian OMK (Profil OMK), dan visi misi PSE KWI

Keuskupan Bogor akan mengaplikasikan serta mengimplemantasikan hasil pertemuan Komisi PSE se-regio Jawa di Surabaya kemarin dengan akan merangkul banyak pihak untuk bersinergi dalam mewujudkan visi dan misi pastoral Komisi PSE. Partisipasi semua pihak dibutuhkan untuk mewujudkan kesejahteraan bersama atau “bonum commune“.

Penulis : Dewi Andayani
Editor : RD David

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.