Tuntaskan Tugas

Renungan Harian
Sabtu, 8 Juni 2019
Pekan VII Paskah
Bacaan : Kisah Para Rasul 28 : 16 – 20.30 – 31; Yohanes 21 : 20 – 25

Kita memang suka ikut-ikutan campuri urusan orang lain. Sebenarnya kita sudah punya tugas atau tanggung jawab sendiri, tetapi merasa dalam segala hal kita maunya dilibatkan, biar kita terlihat orang penting. Tentu kita agak jengkel juga rasanya, kalau ada orang yang mau tahu urusan kita.

Dalam bacaan Injil hari ini, Yesus menegur Petrus yang ingin tahu tentang nasib murid yang dikasihi Yesus. Yesus tentu tahu kompetensi dari para murid-Nya. Yesus tentu juga sudah punya rancangan-rancangan untuk tugas khusus bagi mereka masing-masing. Misalnya, Yesus memberi tugas Petrus menjadi batu karang atau “pemimpin” bagi para rasul lainnya (dan kelak GerejaNya). Yesus menugaskan murid yang dikasihiNya untuk memberi kesaksian tentang Yesus dan ajaranNya.

Fokus pada tugas utama menjadi sebuah tantangan tersendiri. Ada kalanla kita terseret untuk ingin dilibatkan atau mencampuri tugas orang lain sementara tugas kita sendiri terbengkalai dan bahkan tidak selesai. Bukan berarti salah menolong tugas orang lain. Kita perlu bijak dan cermat. Tuntaskan dan fokus dengan tugas serta tanggung jawab kita terlebih dahulu.

Ya Yesus, tuntun aku untuk bisa fokus dan tuntaskan tugas dan tanggung jawabku hari ini. Amin

(Antoni P & RD David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.