Workshop Forum Pendamping Buruh Nasional

Serang-Keuskupanbogor.org: Workshop Forum Pendamping Buruh Nasional dengan Tema Advokasi Dasar Perburuhan diselenggarkan di Lembaga Daya Dharma KAJ, 21 hingga 22 April 2018. Workshop ini dilatarbelakangi oleh beberapa isu terkait kebijakan-kebijakan nasional dan internasional yang berdampak pada kondisi perburuhan serta situasi sosial ekonomi secara keseluruhan. Selain itu, kebijakan-kebijakan perburuhan yang dikeluarkan beberapa tahun belakangan ini juga dinilai tidak berpihak kepada buruh. Di sisi lain, kontrak kerja yang pendek, PHK, cuti, pesangon, jaminan sosial, kebebasan berserikat, dan persoalan normatif lainnya juga masih menjadi momok. Untuk itulah, melalui kegiatan ini FPBN membekali para aktivis serta pendamping lapangan untuk membangun strategi dan kesepakatan secara lebih tajam, sebagai upaya untuk berjuang bersama buruh di berbagai keuskupan.

Melalui workshop ini, FPBN berharap dapat meningkatkan kapasitas para pendamping buruh tingkat keuskupan dalam usaha pendampingan komunitas buruh tentang hak-hak dasar buruh. Selain itu, kegiatan ini diharapkan juga dapat memberikan informasi baru mengenai advokasi buruh yang efektif di tingkat komunitas buruh beserta proses advokasi yang harus dilakukan.

Materi di hari pertama pada tanggal 21 April 2018, disampaikan oleh Maruli Tua Rajagukguk (PMA LAW OFFICE), dan materi di tanggal 22 April 2018 disampaikan oleh Syamsul Munir dari Kontras.

Kegiatan workshop ini diikuti oleh para pendamping komunitas buruh dan mitra dampingan lembaga anggota FPBN yang terdiri dari Keuskupan Agung Makassar, Keuskupan Surabaya, Keuskupan Agung Semarang, Keuskupan Bandung, Keuskupan Bogor, Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan TanjungKarang, dan Keuskupan Agung Palembang.

(Keuskupan Bogor dalam workshop  ini, mengirim utusan pendampingan buruh dari Paroki Bunda Maria Segala Bangsa, Cileungsi – Kota Wisata, Paroki Keluarga Kudus Cibinong dan Paroki Kristus Raja Serang). (Leonardus Widyatmoko)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.