Workshop Sinode: Umat Dan Kaum Selibat Siap Melangkah Bersama

Caringin – keuskupanbogor.org : Rangkaian acara Sinode II Keuskupan Bogor terasa begitu padat. Acara-acara demi acara disusun begitu rapat. Puji Tuhan energi dan sukacita seluruh peserta tetap kuat.

Sesi demi sesi yang dilangsungkan dalam satu ruang bersama telah cukup membekali para peserta terkait arah dan harapan yang hendak dicapai bersama dalam rangkaian sinode ini.

Pada penghujung hari kedua Sinode II Keuskupan Bogor (Jumat, 6/12), para peserta sinode dibagi dalam kelas-kelas kecil untuk kembali menajamkan rumusan-rumusan sinode yang telah dikumpulkan dari rangkaian perjalanan sinode selama setahun ini.

Kajian terhadap rumusan itu kembali ditelaah untuk memberikan spirit gerak bersama seluruh elemen gereja; mempertajam dan memberikan kritisisasi agar lebih terukur dan terstruktur.

Seluruh hasil dari kajian ini akhirnya diserahkan kepada Bapa Uskup. “Bapak Uskup yang nanti akan memutuskan kelanjutan dari hasil sinode ini”, tutur Romo Haruna yang diapuk menjadi penanggung jawab jalannya sinode ini.

Setiap bidang kajian seperti OMK, Ekologi, Sosial Kemasyarakatan, Pendidikan diikuti dengan penuh antusias oleh seluruh peserta. Cuaca hujan deras seakan tidak mengurangi semangat bersinode. Bapa Uskup Mgr Paskalis pun mendatangi setiap aula tempat workshop ini digelar.

Interaksi seluruh peserta sinode dalam setiap workshop menunjukkan gairah optimisme kehidupan menggereja yang dinamis, harmonis dan kesiapan berjalan bersama. Inilah yang diharapkan oleh Bapa Uskup, Mgr Paskalis.

Gereja yang senantiasa memperbaharui diri. Demikianlah kurang lebih sinode ini hendak mengarahkan kembali langkah-langkah dan kebijakan strategis reksa pastoral dalam dinamika, tantangan dan potensinya kehidupan menggereja saat ini dan nanti.

Salam sukacita sinode

(RD David)

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: