Yakin Mau Cari yang Lain ?

Renungan Harian
Jumat, 17 Mei 2019
Pekan Paskah V
Bacaan : Kis 13:26-33, Yoh 14:1-6

Zaman sekarang adanya aplikasi penyedia informasi rute perjalanan sungguh membantu orang-orang untuk mencari jalan. Petunjuk jalan yang ada di sepanjang jalan, tingkat kemacetan, petunjuk jalan alternatif, bahkan petunjuk adanya petugas polisi di jalan pun masuk dalam aplikasi penyedia informasi perjalanan ini. Banyak orang terbantu. “Tenang saja ada gmaps atau waze, nanti akan sampai kok”, begitu kurang lebih percakapan yang sering terdengar.

Bacaan hari ini, Yesus menegaskan diri-Nya sebagai jalan, kebenaran dan hidup. Orang akan sampai kepada Bapa hanya didalam, melalui dan bersama Yesus. Maka Yesus menjadi petunjuk sekaligus teman perjalanan hidup manusia yang akan menghantar kita sampai pada Bapa. Sayangnya perjalanan bersama Yesus itu berat. Yesus sebagai jalan menawarkan “jalan salib”, sebagai kebenaran – hidupnya banyak dimusuhi orang yang tidak sejalan dengan-Nya, sebagai hidup – “hidup Yesus sebagai manusia berakhir di kayu salib”. Demikianlah kurang lebih jalan kita sebagai pengikut Yesus. Maka yang diperlukan adalah ketaatan dan kesetiaan bila mau hidup selamat. Tidak ada jalan pintas.

Banyak godaan dan pilihan di luar Yesus. Semua pilihan dan godaan tersebut tidak ada jaminannya. Bila sudah ada yang menjamin mengapa harus coba-coba mencari jalan lain. Kuatkan kaki, mantapkan hati, arahkan visi untuk taat dan setia di dalam dan bersama Yesus sekalipun itu berat.

Tuhan aku mau hidup berjalan bersama-Mu. Ajarlah aku taat dan setia hingga akhirnya aku sampai di rumah Bapa. Amin (RD David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.