Tuhan Gembala yang Baik

Senin, 4 Mei 2020

Pekan IV Paskah

Bacaan I :  Kis 11: 1-18

Bacaan Injil : Yoh 10: 11-18

 

Gembala yang baik tidak akan meninggalkan domba-dombanya. Ia akan menjaganya selalu. Ia pung mengenal domba-dombanya dengan baik. Ia akan selalu menuntun mereka ke jalan yang benar, bahkan domba-domba yang bukan dari kawanannya pun Ia tuntun.

Peristiwa pandemi yang kita alami pada saat ini, jika dilihat secara negatif, maka akan menimbulkan pertanyaan apakah Tuhan meninggalkan kita? Namun kita yakin akan sabda yang diucapkan pada hari ini, bahwa Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita. Peristiwa pandemi saat ini adalah salah satu cara Tuhan untuk menuntun kita kembali ke jalan yang benar. Kita diajak mengevaluasi diri; apakah kita sudah cukup rendah hati untuk bersaksi “aku ini hamba Tuhan, terjadilah pada ku menurut perkataan-Mu”?

Kepasrahan diri secara total kepada Allah menjadi kuncinya. Namun pasrah tidak sama dengan menyerah. Memasrahkan diri secara total berarti sungguh mendengarkan tuntunan Roh Kudus yang hendak menuntun kita kembali kepada Allah lewat seluruh pengalaman hidup kita, termasuk yang menyedihkan atau mengecewakan.

Di dalam setiap perhentian pengalaman hidup kita, pastilah ada hal-hal lain yang lebih dari apa yang kita harapkan. Mungkin saat ini kita berharap Tuhan segera menuntaskan pandemi ini, tetapi Tuhan ingin kita untuk bersabar dan senantiasa percaya kepada-Nya bahwa rencana Tuhan sungguh baik. Ada rencana besar yang hendak disampaikan Tuhan lewat peristiwa pandemi ini.

Mungkin dengan peristiwa pandemi ini, Tuhan sebagai gembala yang baik hendak menuntun kita untuk memperkuat rasa persaudaraan dalam keluarga, mengajak kita untuk berdamai dengan alam, bahkan mengajak kita untuk dapat dengan bijak memanfaatkan anugerah teknologi. Tuhan tidak akan meninggalkan kita. Dia mengetahui segalanya tentang diri kita, termasuk kebutuhan-kebutuhan sejati kita, oleh sebab itu Ia tahu cara menuntun kita untuk menjadi pribadi yang sungguh berkenan di hadapan Allah. Dengarkanlah suara-Nya. Tuhan memberkati kita semua.

[Fr. Albertus Aris Bangkit Sihotang]


Allah Bapa di surga, sungguh besar rencana-Mu terhadap kami. Engkau menebus dan membimbing kami lewat perantaraan Putra-Mu sebagai Gembala yang baik. Kuatkanlah hati kami agar selalu senantiasa percaya terhadap bimbingan dan rencana-Mu. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: