Apa yang ada di Tangan Kita?

Loading

Apa yang ada di Tangan Kita?

prayer-candle

Ini mungkin menjadi petunjuk untuk apa yang Tuhan ingin Kita lakukan.

Musa, panas terik di panas gurun Sinai, terlihat dalam penuh belas kasih. “Saya tidak bisa melakukan apa yang Engkau inginkan, Allah, karena alasan ini dan alasan itu. Orang-orang tidak akan menerima saya. Saya tidak bisa bicara baik. Biarkan orang lain melakukannya.”

Tapi berdebat dengan Allah tidak akan pernah merupakan ide yang baik. Kita tidak akan menang. Bahkan jika Kita mengatakan “Tidak” (dan Allah mungkin membiarkan Kita), Kita akan kehilangan. Ketika Kita mengatakan “tidak” atau “Saya tidak bisa,” Kita kehilangan petualangan besar Allah bagi Kita ketika Kita berada di pusat kehendak-Nya bagi hidup Kita. Tapi apa kehendak itu?

Dalam limbah tandus dari Sinai, Allah meminta Musa dengan pertanyaan sederhana, “Apa yang ada di tanganmu?” Musa adalah seorang gembala. Itu semua dia lakukan selama 40 tahun, dan dia siap untuk pensiun pada usia 80. “Apa yang ada di tanganmu, Musa?”

Musa melihat tangannya. “Sebuah tongkat,” kata Musa kepada Allah – seolah-olah Allah tidak tahu. Duh!

Allah berkata, “Lemparkan ke tanah.” Musa melakukannya, dan itu menjadi ular. Allah memberitahunya  untuk mengambilnya pada ekornya dan ternyata kembali menjadi tongkat. Hmmm. Selama 40 tahun berikutnya hidup Musa, Allah menggunakan tongkat kayu yang sederhana untuk memberikan orang Israel dari Firaun, untuk membuka Laut Merah, untuk memenangkan pertempuran dengan orang Amalek, untuk membawa air dari batu.

Siapa yang sangka?

Seperti Musa belajar untuk menggunakan dalam iman apa yang Tuhan telah tempatkan di tangannya, hidupnya berubah – serta perjalanan sejarah dunia.

Lalu, pertanyaan Kita adalah, Apa yang telah Allah tempatkan di tangan kita? Apakah kita bertanya-tanya bagaimana Allah akan menggunakan Kita? Lihat apa yang telah Dia berikan kepada kita. Allah telah melengkapi orang dengan berbagai cara.

Saya ingin orang ke rumah saya, mungkin itu yang Kita katakan. Lain kali lagi, mungkin mengatakan, Saya dapat membantu sekelompok orang menyelesaikan sesuatu. Saya suka memasak. Saya memiliki karunia berbicara. Saya ingin menjaga hal-hal apa pun menjadi rapi. Dan sebagainya.

Menawarkan kepada Allah dalam iman apa yang telah Dia berikan kepada Kita, tidak peduli seberapa sederhananya, dan Allah akan menggunakannya, untuk melakukan pekerjaan-Nya. Kita akan memiliki rasa baru dari makna, karena kita akan mulai menyadari bagaimana Allah menggunakan hal-hal sederhana alam cara-cara baru dan indah.

Sama halnya ketika Yesus melihat kerumunan orang lapar, Ia berkata kepada murid-murid-Nya, “Kamu yang akan memberi mereka makan.”

Murid-muridNya terpana oleh besarnya kebutuhan. Maka Yesus membawa mereka ke tempat yang lebih tinggi. “Baik, Andreas, cari tahu apa makanan yang kita miliki.”

Andreas memeriksa sekitar. “Ada seorang anak laki-laki di sini dengan lima roti dan dua ikan. Lalu, apa?”

Yesus mengabaikan ketidakpercayaan muridNya. Dia mengambil roti dan ikan, mengangkat mereka untuk Allah dalam syukur, dan kemudian mulai mendistribusikannya kepada orang-orang sampai semua 5.000 ditambah perempuan dan anak-anak yang telah diberi makan.

Itulah bagaimana Allah melakukan pekerjaan-Nya. Oleh orang-orang yang lemah melakukan inventarisasi, kemudian menawarkan kepada Yesus apa yang mereka temukan.

Allah memiliki dunia untuk diselamatkan. Kita hanya satu orang. Apa yang dapat Kita berikan? Mari kita melakukan inventarisasi sederhana, menghitung berkat kita, melihat apa yang sudah Allah berikan kepada kita. Dengan begitu, ketika Allah bertanya kepada kita, “Apa yang ada di tanganmu?” Kita tidak akan menjawab, “Duh!”. Kita akan mengatakan kepada-Nya, dan kemudian kita bisa membiarkan Ia menggunakan hadiah atau keterampilan atau sumber daya atau kesempatan atau apa pun namanya, untuk kemuliaan-Nya.

Kini, sekali lagi, kita bertanya pada diri sendiri, Apa yang ada di tanganku? (joyfulheart)

Tatik-Depok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!