Tujuh Karunia Roh Kudus: Roh Pengertian

Senin  25 Mei 2020

Pekan VII Paskah

Bacaan I :  Kis 19: 1-8

Bacaan Injil : Yoh 16: 29-33

 

Seorang anak kecil memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, mereka kerap kali mempertanyakan sesuatu hal yang baru ia lihat dan orang tua yang dekat dengannya akan menjawab pertanyaan itu agar sang anak dapat mengerti. Hal ini telah menjadi tugas orang  tua untuk memberitahukan suatu pengertian yang baik dan benar tentang hal apapun yang dipertanyakan seorang anak kecil.

Dalam Injil hari ini ,Tuhan mengatakan bahwa pada saatnya Ia tidak akan lagi berkata dengan memakai kiasan. Murid-murid pun akhirnya mengerti bahwa Yesus tahu akan segala sesuatu dan menjadi percaya bahwa Yesus sungguh berasal dari Allah. Yesus tidak lagi menggunakan kiasan untuk membuat para muridnya dapat mengerti akan hal yang Dia wartakan dan lakukan supaya murid-muridnya di dalam pengertian mereka dapat tahu maksud dari rencana Allah dan sungguh  percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan memperoleh damai sejahtera di dalam Kristus Yesus. Pada akhirnya Roh Kudus pun menuntun kita sekalian bahwa Yesus adalah Tuhan karena pengertian ini hanya mungkin dalam Roh Kudus (bdk. KGK 683). Oleh sebab itu di dalam Roh Kudus ada Roh pengertian.

Saat ini kita mengalami peristiwa pandemic Covid-19 yang memberikan suatu penderitaan terhadap dunia. Peristiwa ini secara dangkal mungkin dimengerti sebagai peristiwa yang buruk karena memberikan penderitaan, kecemasan, dan ketakutan kepada kita semua. Namun apakah kita telah sungguh mengerti maksud dari peristiwa yang kita alami ini atau kita mengerti namun hanya sampai pada permukaan saja yang membuat kita memahami bahwa peristiwa ini adalah hukuman dari Tuhan. Atau peristiwa ini adalah suatu kiasan yang berasal dari Tuhan yang membuat kita sulit untuk mengerti rencana Tuhan sesungguhnya?

Marilah kita sungguh memohon kepada Allah untuk mengutus Roh Kudusnya yang memberi pengertian untuk turun kepada kita agar dapat sungguh masuk pada pengertian yang mendalam terhadap peristiwa yang kita alami saat ini. Rencana Tuhan memang sulit untuk dimengerti namun tidak berarti tidak ada jalan untuk berusaha mengerti apa yang Tuhan inginkan. Oleh sebab itu, Roh Kudus membantu kita untuk mengerti maksud itu tetapi bukan hanya pengertian yang dangkal dan sembrono yang membuat sosok Tuhan menjadi menakutkan, dan penghukum tetapi masuk pada pengertian yang mendalam bahwa dibalik peristiwa ini ada rencana Tuhan yang indah dan penuh kasih. Oleh sebab itu, sembari kita mencoba mendalami peristiwa ini, kita pun diajak untuk menguatkan hati karena “Tuhan telah mengalahkan dunia”.


Doa: Allah Bapa disurga kiranya utuslah Roh Kudu-Mu kepada kami untuk dapat kembali mengerti segala rencana dan kehendak mu terhadap kami terutama di dalam peristiwa yang kami alami saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.